Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Pesan SMS Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota Meminta Sejumlah Dana

Published

on

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Faktanya, informasi tersebut salah. Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota, AKP Rully Robinson Polii mengonfirmasi melalui Instagram resmi Polresta Pontianak (@satreskrimpolrestapontianak) menyatakan bahwa pesan singkat permohonan dana tersebut tidak benar adanya alias hoax.

Selengkapnya ada di penjelasan!

===

[KATEGORI]:

Konten Palsu

===

[SUMBER]: Pesan SMS

===

[NARASI]:

+6282375985920 : Selamat mlm Pak Dedy..
Apa kbr Pak..
Mdh2an sehat dan baik aja.
Ijin Pak, ini sy AKP Rully Robinson.
Kasat Reskrim Polresta Pontianak.
Terima kasih

Korban : kabar baik pak 🙏
bpk ap kbr pak? ad yg bs dibantu pak?

+6282375985920 : Ijin Pak Pandika.
Ini rek anggota yg mengurus tiketnya :
Bank BNI
KCP Pontianak :
0917589379
An : Briptu Pol Robi Ramadhan.

+6282375985920 : Kami ssegenap tim Reskrim Polresta Pontianak sblmnya mengucapkan tmksh atas perhatian Bpk Pandika membantu kelancaran tim Reskrim Polresta Pontianak. Insya Allah siap saling bantu kita kalau ada masalah.
Tks sukses selalu.

+6282375985920 : Mhn ptnjuk ya Pak .. Kalau bantuan Bpk Pandika sdh Ok.
Supaya saya perintah anggota untk mengurus tiketnya Pak.
Saat ini kita sedang persiapan menuju bandara Pak ..tks

+6282375985920 : Maaf Pak apakah sdh bisa di cek anggota?

===

[PENJELASAN]:

Beredar pesan dengan nomor “+6282375985920” mengaku Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota, AKP Rully Robinson Polii, meminta sejumlah dana.

Setelah ditelusuri, sms tersebut palsu. AKP Rully Robinson Polii sendiri mengonfirmasi melalui akun Instagram resmi dengan username satreskrimpolrestapontianak, mengatakan bahwa sering terjadi penipuan mengatasnamakan dirinya.

Melalui tribunpontianak.co.id, AKP Rully Robinson Polii menegaskan, oknum tidak hanya lewat sms namun langsung menelpon korban, dengan modus meminta bantuan tiket pesawat yang seolah-olah untuk keperluan dinas.

“Dia menipu melalui telepon dan lewat SMS atas nama Kasat Reskrim meminta bantuan biaya tiket pesawat untuk keperluan dinas,” ujar Rully kepada pada hari Sabtu, 7 November 2020.

Mengetahui hal ini, AKP Rully mengimbau kepada siapa saja yang menerima telepon atau pesan nama dirinya yang meminta bantuan berupa dana jangan dihiraukan dan semoga tidak ada korban di kemudian hari.

“Dan saya pastikan itu bukan saya, apabila ragu silahkan crosscheck terlebih dahulu daripda nanti menjadi korban dari si oknum penipu ini. Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tidak percaya dengan informasi yang hanya melalui lewat telepon, yang mengatasnamakan nama saya,” tegasnya melalui tribunpontianak.co.id.

Dengan demikian, pesan singkat oleh Kasat Reskrim Polresta Pontianak AKP Rully Robinson Polli meminta bantuan dana adalah tidak benar alias hoaks, dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

===

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *