Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] PKS DAN DEMOKRAT KOMPAK TARIK DUKUNGAN, NASIB ANIES DAN NASDEM HANCUR LEBUR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait PKS dan Demokrat kompak tarik dukungan dari Anies Baswean. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda dan disertai narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://www.youtube.com/watch?v=8YUbGcBAva0&ab_channel=POLITIKNUSANTARA
https://archive.cob.web.id/archive/1692032416.169668/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PKS DAN DEMOKRAT KOMPAK TARIK DUKUNGAN..NASIB ANIS DAN NASDEM HANCUR LEBUR !!

BREAKING NEWS…!!
PK & DEMOKRAT KOMPAK TARIK DUKUNGAN
NASIB ANIES DAN NASDEM HANCUR LEBUR

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan PKS dan Demokrat kompak tarik dukungan dari Anies Baswedan beredar dari sebuah channel youtube bernama POLITIK NUSANTARA.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim yang beredar. Dalam video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari tribunnews.com berjudul “Akhirnya ‘Kesabaran’ PKS Habis, Kompak dengan Demokrat dan NasDem Desak Anies Putuskan Cawapres” yang diunggah pada 13 Agustus 2023.

Thumbnail yang menampilkan sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono beserta Presiden Partai Keadilan Sejaktera (PKS) Ahmad Syaikhu tersebut identik dengan foto yang dimuat oleh liputan6.com berjudul Survei SMRC: Suara PKS dan Demokrat Meningkat Melebihi Partai Koalisi Jokowi” yang diunggah pada 7 Oktober 2021.

Foto tersebut merupakan peristiwa ketika Presiden Partai Keadilan Sosial (PKS) Ahmad Syaikhu menyambangi markas Partai Demokrat di Jakarta pada Kamis, 22 April 2021.

Dengan demikian, klaim yang menyatakan PKS dan Demokrat kompak tarik dukungan dari Anies Baswedan tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://kaltim.tribunnews.com/2023/08/13/akhirnya-kesabaran-pks-habis-kompak-dengan-demokrat-dan-nasdem-desak-anies-putuskan-cawapres

https://www.liputan6.com/news/read/4678407/survei-smrc-suara-pks-dan-demokrat-meningkat-melebihi-partai-koalisi-jokowi

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *