Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] TVRI Siarkan Dokter Terawan Penemuan Metode Penyembuhan Mata dalam 7 Hari

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar pada postingan merupakan hasil suntingan dan klaim tidak benar. Faktanya, gambar tersebut tangkapan layar televisi 3Plus News bukan TVRI. Klaim Dokter Terawan yang menemukan metode penyembuhan mata dalam 7 hari dibantah langsung oleh Dokter Terawan.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1685061615.981112/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Berita : Mengumumkan obat untuk 9 dari 10 penyakit mata, tanpa operasi, dilakukan dirumah, dalam 7 hari”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Arta Budi Iwan memposting sebuah informasi yang mengklaim Dokter terawan menemukan metode penyembuhan penyakit mata dalam waktu 7 hari. Dalam postingan tersebut tampak tampilan reporter dengan logo TVRI, foto Dokter Terawan dan seseorang yang sedang diperiksa matanya. Postingan tersebut diunggah pada 22 Mei 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan mesin pencari Yandex ditemukan fakta bahwa gambar dengan tampilan 3 reporter bukan dari televisi TVRI melainkan TV 3Plus News. Lebih lanjut melansir dari Liputan6.com Dokter Terawan mengatakan informasi mengenai penemuan metode penyembuhan penyakit mata tersebut hoaks. Dokter Terawan juga menginformasikan bahwa dirinya tidak memiliki akun media sosial. Jika dilihat postingan tersebut merupakan iklan terselubung.

Dengan demikian TVRI menyiarkan informasi Dokter Terawan menemukan metode penyembuhan penyakit mata tidak benar. Gambar pada postingan merupakan hasil suntingan, gambar tersebut tangkapan layar televisi 3Plus News bukan TVRI, sedangkan klaim Dokter Terawan yang menemukan metode penyembuhan mata dalam 7 hari dibatah langsung oleh Dokter Terawan sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://ch3plus.com/news/social/ruangden/238901
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5295784/cek-fakta-informasi-penemuan-metode-penyembuhan-penyakit-mata-tanpa-operasi-bukan-dari-dokter-terawan?fbclid=IwAR20YlSvMi8ZjR1e0BOhTMaUQ24dzRCAsEp-rchRdKUO_a_5FInfW-UnSns

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *