Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video “CHINA & SINGAPUR BANGUNIN MACAN TIDUR – MALAYSIA – UCRANIA”

MENYESATKAN, judul umpan klik (click bait). FAKTA: isi video TIDAK sesuai dengan judul, berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/hm81Z (arsip cadangan).

NARASI: “CHINA & SINGAPUR BANGUNIN MACAN TIDUR – MALAYSIA – UCRANIA – DUNIA MILITER UPDATE – BERITA TERKINI”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: judul umpan klik (click bait), isi video TIDAK sesuai dengan judul, berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, Universitas Gadjah Mada di YouTube pada 7 Feb 2020: “Presiden Singapura, Halimah Yacob, mengunjungi UGM, Kamis (6/2) sebagai bagian dari kunjungan ke negaraan selama dua hari di Yogyakarta. Di UGM, ia mengikuti sesi dialog bertajuk “Singapore and Indonesia: Strengthening Bridges and Progressing Together” yang dihadiri puluhan mahasiswa UGM dari berbagai fakultas. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

KOMPAS.com pada 6 Feb 2020: “Presiden Singapura Halimah Yacob mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam kunjungannya, Halimah mengikuti sesi dialog bertajuk “Singapore and Indonesia: Strengthening Bridges and Progressing Together”.” … [3]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “#UGMNews: Presiden Singapura, Halimah Yacob, mengunjungi UGM”, https://bit.ly/40hXQ1I / https://archive.ph/JmK3Z (arsip cadangan).

[3] kompas.com: “Kunjungi UGM, Presiden Singapura Berharap Ada Kerja Sama di Bidang Ekonomi Digital”, https://bit.ly/3lGHwbF / https://archive.ph/otLm1 (arsip cadangan).

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *