Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Kondisi Gempa Bumi di Sand Point, Alaska

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, video tersebut tidak diambil pada saat gempa bumi melanda wilayah sekitar Sand Point, Alaska, melainkan merupakan video yang diambil ketika gempa bumi berkekuatan 7.0 magnitut melanda kota Anchorage, Alaska, Amerika Serikat, pada 30 November 2018 waktu setempat.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.vn/QKL2I

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“#VIDEO: peringatan #tsunami diberikan setelah sebelumnya gempa bumi dengan kekuatan 7.5 magnitut melanda wilayah sekitar Sand Point, #Alaska #PeringatanTsunami #gempabumi”

= = = = =

PENJELASAN:

Pengguna Twitter rahulrajnews mengunggah sebuah video (19/10) yang menunjukkan kondisi di dalam sebuah rumah ketika sedang terjadi gempa bumi. Video tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyebutkan bahwa video tersebut menunjukkan kondisi ketika gempa bumi dengan kekuatan 7.5 magnitut melanda wilayah sekitar Sand Point, Alaska, Amerika Serikat.

Berdasarkan hasil penelusuran, gempa bumi dengan kekuatan 7.5 magnitut memang melanda wilayah sekitar Sand Point pada 18 Oktober 2020 waktu setempat. Namun, video yang diunggah oleh pengguna Twitter rahulrajnews tersebut tidak diambil pada saat gempa bumi itu terjadi, melainkan merupakan video yang diambil ketika gempa bumi berkekuatan 7.0 magnitut melanda kota Anchorage, Alaska, Amerika Serikat, pada 30 November 2018 waktu setempat. Video asli diunggah oleh pengguna Twitter JamesEastonCFO.

Informasi dengan topik serupa juga pernah dimuat dalam situs Reuters dengan judul artikel ‘Fact check: Old Alaska Quake Footage from 2018 Recycled’ dan mengategorikannya sebagai false.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter rahulrajnews tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-video-alaska-quake/fact-check-old-alaska-quake-footage-from-2018-recycled-idUSKBN27623L
https://twitter.com/JamesEastonCFO/status/1068601606109687808
https://earthquake.usgs.gov/earthquakes/eventpage/us6000c9hg/executive

//platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *