Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] WNA Meksiko Tembak Polisi di Bali Karena Dimintai Uang

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Pernyataan tersebut tidaklah benar. Informasi ini telah dibantah oleh Polda Bali bahwa video tersebut adalah hoaks dan hingga kini oknum yang mengunggah video masih dicari.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten dimanipulasi

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1718972384.051279/index.html

====
[NARASI]
Diduga Kesal Dimintai Uang Tambahan Saat Ditilang Turis Asal Mexico Menembak Anggota Polisi Hingga Tewas Ditempat Menurut Saksi Ditkp Pelaku Menggunakan Senjata “Desert Eagle”

Menurut saksi di TKP polisi yang ditembak ditempat kepal4 p3cah, Astaughfirullah. Husnul khotimah

====
[PENJELASAN]
Sebuah video beredar di tiktok menyatakan bahwa WNA asal Meksiko menembak anggota polisi hingga kepala pecah karena dimintai uang tambahan pada saat ditilang. Video ini diunggah oleh akun bernama Sean Jaya Safety Shoes dan menampilkan tangkapan layar dari artikel nasional.

Setelah dilakukan penelusuran, pernyataan ini tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba mencari tangkapan artikel pada video tersebut yang diketahui berasal dari laman Kompas TV dan diunggah pada 13 Juni 2024. Artikel yang digunakan di video ternyata tidak ditemukan di laman Kompas TV pada tanggal tersebut. Dilansir dari http://kompas.com, foto yang digunakan dalam video tersebut pernah dipakai oleh laman Viva pada 28 Februari 2023. Artikel di laman ini membahas tentang satuan tugas yang dibentuk untuk menangani pelanggaran lalu lintas di Bali.

Selain itu, dilansir dari http://liputan6.com Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Bali, Kombes Jansen Avitus Panjaitan menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Polda Bali memastikan tidak ada peristiwa tersebut dan hingga kini masih melacak pemilik akun yang menyebarkan berita ini.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan tentang WNA Meksiko tembak polisi saat ditilang tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/21/125900382/-hoaks-turis-meksiko-tembak-polisi-saat-ditilang

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1579328-turis-asing-kerap-berulah-dan-viral-di-bali-pemprov-bentuk-satgas

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5620574/viral-kabar-wn-meksiko-tembak-polisi-hingga-tewas-polda-bali-tegaskan-hoaks

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *