Connect with us

Internasional

Vaksin Sinovac Dipuji Manjur dan Aman untuk Lansia di Filipina

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Otoritas kesehatan Filipina mengizinkan penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac untuk beberapa warga senior setelah awalnya membatasi cakupan vaksinasi. Awalnya Filipina hanya membatasi vaksinasi untuk orang-orang berusia 18-59 tahun.

Dilansir dari Reuters, Kamis (8/4), Departemen Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Filipina mengatakan mereka membuat keputusan setelah menerima rekomendasi dari panel ahli vaksin Departemen Sains dan Teknologi. Warga senior sekarang dapat menerima suntikan CoronaVac asalkan ada evaluasi ketat terhadap status kesehatan dan risiko paparan orang tersebut.

Negara Asia Tenggara itu telah melihat lonjakan kasus harian baru, sebagian besar di ibu kota Manila, dan dorongan inokulasinya terhambat oleh penundaan pengiriman vaksin. Sebanyak 922.898 dosis vaksin Sinovac dan AstraZeneca sejauh ini telah diberikan kepada petugas kesehatan, manula, dan orang-orang dengan penyakit penyerta, atau hanya sepertiga dari total stok lokal.

Baca juga: Penelitian Ungkap Vaksin Sinovac Tak Manjur jika Hanya Sekali Suntik

Baca juga: Baru Mulai Vaksinasi Lansia dengan Sinovac, Tiongkok Disebut Main Aman

Minggu lalu, ketua panel Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan Sinovac dan pembuat vaksin Tiongkok lainnya, Sinopharm, telah mempresentasikan data yang menunjukkan tingkat kemanjuran yang akan sesuai dengan yang dibutuhkan. Otoritas kesehatan Filipina mengatakan manfaat vaksinasi jauh lebih besar ketimbang efek sampingnya.

Menurut BPOM, meski data kemanjuran untuk warga lanjut usia dari uji coba Fase III vaksin Sinovac, yang dikenal sebagai CoronaVac, belum cukup, namun manfaat menggunakan vaksin untuk kelompok khusus ini lebih besar daripada risikonya. Sehingga mendorong masyarakat dan lansia untuk mau divaksinasi.

Filipina juga telah merundingkan kesepakatan pasokan vaksin dengan produsen lain. Tujuannya untuk menginokulasi hingga 70 juta orang, atau dua pertiga dari populasinya demi tercapai herd immunity.

Saksikan video menarik berikut ini:

(jp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *