Connect with us

Nasional

Vivo Y20, Produk Kekinian yang Stylish dengan Harga Terjangkau

Vivo Y20 (Sumber: ru.vivo.com)

Vivo tidak mau ketinggalan dengan merk smartphone lainnya. Di mana merk yang satu ini juga hadirkan perangkat dengan berbagai macam seri. Salah satu serinya yang cukup populer adalah Vivo seri Y. Mengingat perangkat ini hadirkan harga yang terjangkau dan diperuntukkan untuk kelas entry level. Tidak heran, banyak masyarakat Indonesia yang memilih Vivo seri Y dibandingkan seri lainnya.

Akhir tahun 2020 lalu, Vivo baru saja merilis produk lanjutkan dari Vivo Y19, yakni Vivo Y20. Sebagai produk generasi lanjutan, terdapat beberapa peningkatan yang dimiliki Vivo Y20 dibandingkan generasi sebelumnya yang dirilis pada tahun 2019. Apa saja? Cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut dan cek spesifikasi lengkap dan kelebihan Vivo Y20 dalam ulasan berikut.

Bodi dan Desain

Apabila diperhatikan sepintas, desain bodi Vivo Y20 tidaklah jauh berbeda dengan Vivo Y19 yang merupakan generasi sebelumnya. Keduanya hadir dengan desain yang sama-sama bagus dan kekinian. Sisi bodinya pun hadir dengan bentuk 2.5D yang membuatnya semakin tampak stylish. Anda bisa begitu percaya diri setiap kali menggunakan perangkat ini di tempat publik.

Tersedia tiga varian warna yang bisa Anda pilih pada perangkat ini. Warna yang pertama yakni Nebula Blue yang merupakan perpaduan antara warna ungu dan biru. Sedangkan pilihan warna kedua merupakan Dawn White dan ketiga adalah Obsidian Black. Cukup pilih, mana varian warna yang paling Anda sukai di antara ketiganya.

Layar HD+

Ukuran layar yang ditawarkan perangkat ini terbilang cukup luas, yakni mencapai 6.51 inci. Dengan layar yang luas ini, Anda bisa dengan leluasa menonton film atau mengetik menggunakan perangkat smartphone. Beralih pada teknologi yang digunakan, layar Vivo Y20 menggunakan panel IPS LCD yang mampu menampilkan resolusi gambar hingga HD+. Resolusi yang tinggi ini membuat pengalaman menonton film semakin menyenangkan saja.

Tidak lupa, Vivo Y20 juga telah menambahkan Eye Protection yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada mata Anda. Sekalipun menatap layar smartphone dalam kurun waktu yang cukup lama, Anda tetap akan merasakan Kenyamanan dan maya tidak mudah lelah.

Side Mounted Fingerprint Responsif

Sudah bisa dipastikan jika perangkat ini dilengkapi dengan teknologi fingerprint. Bedanya, letak sensor fingerprint Vivo Y20 berbeda dengan perangkat smartphone kebanyakan. Jika Anda umumnya melihat sensor fingerprint pada bodi belakang perangkat, kini Vivo Y20 memutuskan untuk meletakkannya di bagian samping perangkat.

Bagi Anda yang lebih nyaman dengan sensor yang berada di samping bodi, perangkat Vivo ini bisa jadi pilihan yang terbaik. Vivo memutuskan untuk menggabungkan sensor sidik jari dengan tombol power. Saat diperhatikan pada sisi luarnya, perangkat ini terbilang lebih simpel dan bersih berkat tak adanya sensor sidik jari pada bodi belakang.

Di sisi lain, side mounted fingerprint pada Vivo Y20 ini juga memiliki Responsif yang sangat cepat dalam membuka kunci perangkat. Pihaknya bahwa mengklaim jika pengguna hanya membutuhkan waktu sekitar 0.22 detik saja untuk menunggu perangkat terbuka dan siap digunakan. Selain bisa mengandalkan sensor sidik jari, Anda juga bisa memanfaatkan fitur Face Access atau pendeteksi wajah dalam membuka maupun menutup kunci perangkat.

Kamera

Layaknya perangkat entry level pada umumnya, Vivo Y20 dilengkapi dengan konfigurasi tiga kamera belakang. Namun, jika diperhatikan resolusi dan fiturnya, kamera perangkat ini terbilang cukup bagus dan mampu menunjang hobi fotografi Anda. Kamera utamanya yang dilengkapi dengan fitur PDAF hadir dengan resolusi sebesar 13 MP. Resolusi yang tidak terlalu besar namun juga tak bisa dianggap kecil.

Beralih pada kamera kedua, Anda bisa memanfaatkan kamera makro 2 MP untuk memotret objek secara close up. Kamera kedua ini baru bisa bekerja maksimal, jika jarak kamera dan objek begitu dekat. Terakhir, Anda bisa menghasilkan foto berkualitas dengan efek bokeh menggunakan lensa Super Bokeh beresolusi 2 MP. Ketiga kamera belakang ini mampu hasilkan kualitas foto yang terbilang bagus dan layak untuk Anda posting di media sosial.

Beralih pada kemampuan merekam video, Anda bisa abadikan momen spesial dengan resolusi hingga 1080p pada 30 fps. Resolusi ini terbilang cukup mengingat Vivo Y20 merupakan perangkat entry level dengan harga yang terjangkau. Dengan kemampuan perekaman videonya, Anda bisa sering membuat instastory atau bahkan membuat konten vlog.

Kapasitas Memori

Kapasitas memori tentu menjadi hal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli sebuah smartphone. Kabar baiknya, perangkat Vivo ini memungkinkan Anda untuk menyimpan berbagai macam file berat sekaligus dalam satu perangkat. Memori internalnya mencapai 64 GB, di mana Anda bisa memfokuskan memori internal sebagai kapasitas memori khususnya aplikasi.

Mengingat Vivo Y20 juga hadirkan slot memori eksternal untuk Anda. Tidak tanggung-tanggung, Anda bisa menyematkan kartu memori dengan kapasitas hingga 256 GB. Kapasitas yang sangat besar ini tentu bisa Anda gunakan untuk menyimpan ribuan foto, ratusan video, episode serial favorit, hingga dokumen penting lainnya.

Perangkat ini hadir dengan konsep 3-card slot di dalamnya. Sehingga Anda bisa sekaligus memasangkan 2 slot SIM Card serta 1 slot untuk microSD. Dengan kata lain, Anda tak perlu repot-repot melepas SIM Card ke-2 jika ingin memasangkan memori eksternal.

Prosesor

Pada tahun 2020 kemarin, Snapdragon rilis beberapa chipset terbaru yang langsung diadopsi oleh perangkat Android, termasuk Vivo Y20 yang memang baru dirilis pada akhir tahun 2020. Snapdragon 460 yang disematkan pada perangkat Vivo ini memiliki spesifikasi dan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Snapdragon 450 yang sebelumnya sudah dirilis.

Mulai dari adanya dukungan terhadap UFS 2.1, dukungan Adreno seri 600, hingga clock speed CPU yang lebih tinggi. Meski begitu, performa yang diusung perangkat ini tidak bisa dibilang yang tercepat di kelasnya. Hanya saja, bukan berarti kinerja Vivo Y20 tak patut dipertimbangkan. Anda masih bisa melakukan berbagai macam aktivitas dengan lancar. Mulai dari selancar dunia maya, streaming, bermain game, dan lain sebagainya.

Kapasitas RAM

Kinerjanya yang terbilang unggul juga didukung dari kapasitas RAM yang cukup besar untuk ukuran perangkat entry level. Berbeda dengan kapasitas memori internal yang hanya hadir dalam satu varian, ada dua pilihan kapasitas RAM yang bisa Anda pilih, yakni 4 GB dan 6 GB. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, sesuaikan dengan aktivitas harian Anda dalam menggunakan perangkat smartphone.

Apabila Anda cenderung mengakses aplikasi berat seperti game online atau aplikasi editing foto/ video, kapasitas RAM 6 GB bisa jadi pilihan yang terbaik. Di mana Anda bisa lebih leluasa mengakses aplikasi berat tanpa khawatir perangkat mudah lag atau lemot. Namun, sudah bukan rahasia lagi jika semakin besar kapasitas RAM, harga yang perlu Anda keluarga untuk Vivo Y20 juga akan semakin besar.

Menggunakan Port MicroUSB

Saat ini sudah banyak perangkat yang menggunakan Port USB Type-C dan menggantikan posisi micro USB. Namun sayangnya, Vivo Y20 ini masih setia menggunakan port microUSB. Dibandingkan dengan port USB Type-C, micro USB memang tidaklah memiliki kecepatan transfer dan charging yang unggul. Terlepas dari hal tersebut, Vivo Y20 masih tetap layak dijadikan pilihan, mengingat banyaknya kelebihan lainnya yang sudah ditawarkan.

Kapasitas Baterai

Meski merupakan perangkat entry level, bukan berarti kapasitas baterai yang dimiliki Vivo Y20 tidaklah besar. Sebaiknya, Vivo Y20 hadir dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh seperti perangkat mid level yang beredar di pasaran. Bagi Anda yang sedang mencari perangkat baru dan menjadikan kapasitas baterai sebagai pertimbangan utama, produk terbaru dari Vivo ini bisa dijadikan pilihan.

Kapasitasnya yang besar membuat daya baterai Vivo Y20 sangatlah awet dan tahan lama. Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk menonton film hingga memainkan game online favorit Anda. Meski digunakan untuk scroll dan akses media sosial dalam kirim waktu yang lama, baterai Vivo Y20 tidak akan cepat habis.

Melalui situs resminya, pihak Vivo juga mengklaim jika perangkat ini dapat digunakan untuk streaming film resolusi HD selama kurang lebih 16 jam lamanya. Marathon serial favorit di saat weekend menjadi hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Di sisi lain, tanpa melakukan proses charging sama sekali, perangkat ini mampu digunakan untuk bermain game berat hingga 11 jam lamanya. Segera agendakan momen push rank dengan teman satu squat Anda!

Untuk membuat proses pengisian daya baterai tidak memakan waktu yang terlalu lama, Vivo Y20 juga telah dilengkapi dengan teknologi fast charging 18W. Teknologi ini akan sangat membantu Anda dalam mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk proses charging. Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan lebih sering berada di luar ruangan, sudah tidak perlu lagi khawatir berlebihan terhadap penggunaan kapasitas baterai.

Teknologi Reverse Charging

Kapasitas baterai yang besar tidak menjadi satu-satunya kelebihan yang dimiliki perangkat ini. Di dalamnya juga telah dilengkapi dengan teknologi reverse charging. Teknologi satu ini memungkinkan Vivo Y20 mampu beralih fungsi menjadi sebuah power bank. Ya, Anda bisa membantu kerabat Anda yang sedang kehabisan baterai dan jauh dari aliran listrik.

Cukup aktifkan fitur reverse charging, Anda bisa langsung jadi pahlawan dan membuat daya baterai lain mulai terisi. Tidak hanya mampu melakukan pengisian daya pada smartphone saja, fitur ini juga mampu melakukan pengisian daya pada perangkat gadget lainnya, seperti earphone hingga smartwatch. Keren, bukan? Sebagai pengguna Vivo Y20, pastikan Anda memanfaat fitur ini dengan maksimal.

Itu tadi, spesifikasi dan kelebihan yang ditawarkan oleh Vivo Y20. Sebagai perangkat yang dijual dengan harga Rp 2 jutaan, tentu Vivo Y20 merupakan smartphone yang cocok untuk menunjang aktivitas harian Anda. Terlebih bagi Anda yang memang sedang mencari smartphone entry level dengan harga yang terjangkau.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda kini juga bisa mendapatkan Vivo Y20 secara online. Pasalnya, sudah banyak e-commerce yang dilengkapi dengan Official Store Vivo Indonesia. Melakukan pembelian secara online pun membuat Anda tak perlu ragu akan mendapatkan produk yang palsu. (kp)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *