Connect with us

Pemerintahan

Disambut Antusias, Presiden dan Ibu Iriana Silaturahmi bersama Masyarakat di Istana Negara dan Monas

Galih

Published

on

Presiden Jokowi berfoto dengan masyarakat yang bersilaturahmi ke Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (5/6). (Foto: BPMI)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo merayakan Idulfitri 1440 H hari pertama di Jakarta. Selepas melaksanakan Salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, keduanya bersilaturahmi dengan masyarakat dan sejumlah pejabat negara.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Kalla juga sempat bersilaturahmi bersama dalam kegiatan kali ini.

Pejabat negara dan masyarakat tampak memadati tenda-tenda yang disediakan untuk menunggu giliran masuk bertemu Presiden beserta keluarga.

Di dalam antrean yang mayoritas terdiri atas masyarakat tersebut, tampak beberapa di antaranya sejumlah menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, hingga Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Sementara di ruang cendera mata Istana Negara, tempat masyarakat dan para pejabat negara diterima Presiden dan Ibu Negara, Presiden Joko Widodo menyambut satu per satu para tamunya dengan senyum dan salam.

“Selamat Lebaran, mohon maaf lahir batin,” kata Presiden saat menyalami tamu-tamunya.

Masyarakat yang hendak bersilaturahmi dengan Presiden beserta Ibu Negara mulai berkumpul di Silang Monas untuk mendapatkan nomor antrean.

Di antaranya bahkan ada yang menunggu sejak pagi. Dari sana, masyarakat diarahkan untuk menuju halaman Kementerian Sekretariat Negara menggunakan kendaraan bus sebelum memasuki area tunggu di lingkungan Istana Kepresidenan.

Sapa Warga di Monas

Didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden Jokowi menghampiri area tunggu yang berada di seberang gedung utama Kementerian Sekretariat Negara. Di sana, Presiden juga menyalami masyarakat yang hadir dan terkadang berfoto bersama.

“Terima kasih Pak sudah keluar. Kami ini sudah menunggu lama,” ujar salah seorang warga yang terhibur dengan kehadiran Presiden di tengah mereka.

“Pak Jokowi, selamat Lebaran Pak,” teriak warga lainnya bersahutan.

Presiden Jokowi berfoto bersama masyakat di Monas, Jakarta, Rabu (5/6). (Foto: BPMI)

Presiden Jokowi berfoto bersama masyakat di Monas, Jakarta, Rabu (5/6). (Foto: BPMI)

Dari halaman Kementerian Sekretariat Negara, Presiden bergerak menuju kawasan Silang Monas dimana lebih banyak lagi masyarakat yang sedang menunggu antrean.

Setibanya di sekitar Silang Monas, Presiden Joko Widodo menyampaikan permohonan maaf bagi ratusan atau bahkan ribuan masyarakat yang masih memadati area tersebut.

Banyaknya masyarakat yang hadir membuat dirinya tak dapat melayani satu per satu permintaan warga untuk bertemu dan berfoto bersama.

“Saya mohon maaf, karena yang di Istana yang antre juga masih banyak, yang di sini jauh lebih banyak, sehingga saya lebih baik datang ke sini,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden mengatakan, setelah acara ini, dirinya masih harus bertolak menuju Solo untuk pulang ke kampung halaman menemui keluarga besarnya. Kepala Negara menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme masyarakat yang hadir bahkan sedari pagi untuk bertemu dengannya.

“Sebentar lagi saya juga harus pulang kampung. Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu sekalian yang sudah rela berada di sini. Sekali lagi, saya mohon maaf, saya tidak bisa foto satu per satu,” tuturnya.

Sebelum bertolak kembali ke Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo akhirnya memutuskan untuk berfoto bersama-sama seluruh masyarakat yang berada di kawasan tersebut. (BPMI/EN)