Connect with us

Politik

Krititisi BPJS, Fadli Zon: Pemerintah Hendak Lepas Tangan Urusan Kesehatan Rakyat

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com – Setelah sempat puasa bicara selama sebulan lebih, Anggota DPR Fadli Zon muncul lagi dengan gaya khasnya. Kritikan tajam untuk pemerintah. Sasaranya iuran kenaikan BPJS.

Lewat akun twitternya @fadlizon, dia membuat cuitan sebanyak 32 point. Isinya mengkritik keras kebijakan kenaikan iuran premi BPJS lebih dari 100 persen. Kebijakan kenaikan itu resmi berlaku pada 1 Januari 2020.

Pada point ke 14, dia mengatakan, dengan menaikan premi BPJS pemerintah terbukti hanya berupaya menyelamatkan kantong BPJS. Pada saat bersamaan, presiden justru menyulitkan keuangan masyarakat.

“Secara umum, kebijakan menaikkan iuran BPJS ini saya kira memiliki beberapa kekeliruan. Pertama, kebijakan ini hanya hendak menyelamatkan keuangan BPJS, tapi tak memikirkan implikasinya bagi masyarakat luas,” ujarnya Kepala BKSAP ini.

Dia mengatakan, sejak awal dia telah mengingatkan agar defisit keuangan yang dialami BPJS tidak boleh dibebankan kepada masyarakat. Sebab, BPJS Kesehatan merupakan sistem jaminan sosial kesehatan. Bukan perusahaan asuransi swasta.

“Karena dengan membebankan biaya jaminan kesehatan kepada masyarakat, pemerintah seperti hendak melepaskan kewajibannya untuk menjamin akses kesehatan terjangkau bagi seluruh masyarakat,” katanya pada point ke 17 dalam cuitan itu.[asa]

Sumber

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *