Connect with us

Pemerintahan

Antusias Ribuan Jemaah Masjid Agung Al-Kautsar Kendari Sholat Tarawih Bersama Wapres

Published

on

Kendari, Kabarpolitik.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, berserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin melaksanakan ibadah Salat Isya dan Salat Tarawih di Masjid Al-Kautsar Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (20/03/2024) yang bertepatan dengan malam ke-10 Ramadan 1445 H. Kunjungan Wapres ini menjadi momen bersejarah bagi ribuan warga Kendari dan sekitarnya, karena merupakan kesempatan langka untuk beribadah bersama dan mendengarkan tausiah dari orang nomor dua di negeri ini.

Masjid Al-Kautsar, yang terletak di Jalan Abdullah Silondae Kota Kendari, bukan hanya sebuah tempat ibadah biasa. Masjid ini memiliki sejarah panjang yang mencerminkan perjalanan Islam dan kehidupan masyarakat Sultra. Nama “Al-Kautsar” sendiri diambil dari surah ke-108 juz ke-30 dalam Al-Quran yang memiliki arti “nikmat yang berlimpah”.

Selain sebagai tempat ibadah, bangunan masjid ini dimanfaatkan masyarakat Sultra sebagai pusat kegiatan dakwah dan budaya Islam di wilayah tersebut. Arsitektur masjid yang indah memadukan sentuhan tradisional Sultra dengan unsur modern, menjadikannya sebuah ikon bagi kota Kendari.

Dalam sejarahnya, Masjid Al-Kautsar memiliki keunikan tersendiri. Dulunya, pada 1962, masjid ini dibangun di atas bekas sebuah masjid kecil bernama Masjid Korem. Pada 1976, di era pemerintahan Gubernur H. Alala, dibangun pondasi dasar untuk Masjid Agung Al-Kautsar. Setelah berdiri selama 30 tahun di mana konstruksi bangunannya sudah tidak memadai, pada 2019, Masjid Al-Kautsar direvitalisasi dan direhabilitasi oleh Pemerintah Provinsi Sultra, sehingga konstruksi dan arsitektur bangunan masjid tersebut mengalami perubahan besar seperti saat ini.

Selain keindahan arsitektur dan sejarahnya yang kaya, Masjid Al-Kautsar juga memiliki keunikan lainnya. Berdiri di lokasi strategis di atas bukit, memberikan pemandangan yang memukau bagi siapapun yang mengunjunginya.

Ketika terjadi gempa di Kendari pada 2011, masjid ini mengalami guncangan akibat gempa berkekuatan 6.0 Skala Richter, yang menyebabkan salah satu kubah kecilnya menjadi miring.

Kunjungan Wapres Ma’ruf Amin untuk Salat Isya dan Salat Tarawih di Masjid Al-Kautsar Kendari ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang begitu antusias untuk beribadah bersama tokoh yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini. Selain itu, tausiah yang disampaikan Wapres dapat memberikan inspirasi dan pemahaman kepada jemaah dalam menjalani ibadah di bulan suci Ramadan.

Dengan kehadiran Wapres Ma’ruf Amin di Masjid Al-Kautsar Kendari, diharapkan akan semakin mengokohkan ikatan antara pemimpin negara dan masyarakat, serta memperkuat hubungan antara agama dan kehidupan berbangsa dan bernegara. (SK/RJP-BPMI, Setwapres)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *