Connect with us

Daerah

Lanosin Hamzah Ingin Tingkatkan Program Pemberdayaan Perempuan Berbasis Pendidikan

kabarpolitik.com

Published

on

Bicara Pembangunan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKU Timur) tidak lepas dari pentingnya program pemberdayaan. Hal tersebut disampaikan Calon Bupati (Cabup) H. Lanosin Hamzah, kepada wartawan di Kecamatan Belitang I, Kabupaten OKU Timur, Kamis (02/04).

Pria yang akrab disapa Enos tersebut dalam berbagai kesempatan pun menyampaikan misi pembangunan OKU Timur yang akan mengutamakan program pemberdayaan masyarakat yang berbasis pendampingan, pelatihan dan pendidikan.

“Pemberdayaan masyarakat harus menyentuh semua sektor. Khususnya pemberdayaan komunitas ibu-ibu atau perempuan. Tentu ke depan program pemberdayaan tersebut akan memperhatikan potensi masing-masing,” ujar Enos.

Adik kandung Herman Deru ini juga menyebut, UMKM misalnya, akan menjadi bagian dari program pemberdayaan ibu-ibu rumahan atau anak muda dengan menciptakan hasil karya dan produk-produk unggulan di OKU Timur.

“Masyarakat kita kita adalah mayoritas petani, maka bagaimana cara memberdayakan para petani agar mampu mengelola pertanian dengan baik dan berkelanjutan. Hasil pertanian juga bisa untuk memberdayakan perempuan melalui UMKM,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Enos menambahkan, bahwa program pemberdayaan harus diimbangi dengan pendampingan-pendampingan melalui pelatihan dan pendidikan khusus untuk menunjang peningkatan skill masyarakat.

Dengan begitu, imbuh Enos, kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dapat berjalan sesuai terget. Dan harapannya adalah kaum perempuan mampu meningkatkan SDM dan kesejahteraannya melalui peran UMKM.

“Ke depan pemberdayaan masyarakat khususnya untuk kaum perempuan harus didampingi para tenaga ahli untuk mengelola UMKM dan produk-produk unggulan secara profesional,” tegasnya.

Secara terpisah, Nur Kamilah, salah satu warga Kecamatan Belitang I menyampaikan apresiasi atas gagasan Enos untuk memberdayakan kaum perempuan khususnya di Belitang.

“Terima kasih pak Enos, atas gagasannya untuk memberdayakan kaum perempuan. Dengan begitu kami selaku ibu-ibu rumahan bisa produktif,” kata Kamilah.

Selain itu, Kamilah juga mengungkapkan, bahwa Enos merupakan sosok orang baik dan ramah. Ia pun berharap, agar ke depan Enos jika terpilih sebagai Bupati OKU Timur lebih memperhatikan kaum perempuan yang kategori pengangguran.

“Kami mendukung gagasan Pak Enos terkait permberdayaan masyarakat. Kami pasti mendukung Enos di Pilbup mendatang, semoga bisa membawa OKU Timur semakin maju dan sejahtera warganya,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *