Connect with us

Daerah

Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia, Pelinus Balinal: Langkah Sikapi Global Warming

Published

on

Global warming adalah satu dari sekian isu dunia yang marak diperbincangkan dalam beberapa dasawarsa terakhir. Persoalan ini menyita perhatian dunia karena juga dianggap akan mempengaruhi seluruh kehidupan di muka bumi.

Wakil Bupati Kabupaten Puncak Papua Pelinus Balinal menyatakan bahwa banyak hal yang bisa dilakukan oleh warga dunia untuk menyikapi persoalan tersebut. Salah satunya adalah dengan rajin menanam pohon untuk menambah asupan oksigen yang lebih baik bagi segenap penghuni bumi.

Hal ini juga, lanjut Pelinus, yang menjadikan peringatan Hari Satu Juta Pohon penting untuk diperingati oleh masyarakat, termasuk di Indonesia. Menurutnya, memperingati Hari Satu Juta Pohon dengan menanam pohon akan sangat membantu kita untuk meminimalisir efek buruk global warming.

“Isi-isu lingkungan atau ekologi saat ini menjadi salah satu persoalan yang banyak dibicarakan dalam ranah nasional maupun internasional. Isu seputar global warming, misalnya, membuat kita harus lebih peduli untuk terus menerus merawat lingkungan. Bagi saya, inilah letak pentingnya mengapa kita harus betul-betul mengambil spirit dari peringatan Hari Satu Juta Pohon sebagaimana kita peringati hari ini,” tutur Pelinus, Selasa (10/01/2023).

Tak perlu gerakan yang muluk-muluk. Cukup menaman satu pohon di lingkungan rumah, menurut Pelinus, akan sangat membantu kesuksesan cita-cita dari peringatan ini.

Untuk itu, Pelinus meminta agar setiap masyarakat di Indonesia, lebih-lebih masyarakat di Kabupaten Puncak Papua, agar menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Dengan kesadaran terhadap hal tersebut, maka kita sejatinya telah turut andil dalam menjaga bumi agar tetap layak dihuni oleh anak-cucu kita nanti.

“Menjaga lingkungan adalah tugas setiap individu dari masing-masing kita. Kesadaran untuk terus menerus menjaga lingkungan, adalah langkah penting agar kita turut berkontribusi untuk menjaga bumi. Ini kita lakukan tentu demi anak-cucu kita nanti, supaya mereka menempati bumi dengan nyaman dan tenteram,” pungkasnya. (red)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *