Connect with us

Daerah

Jawa Barat Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik

Avatar

Published

on

BANDUNG – Untuk yang ketiga kalinya Pemerintah Daerah Provinsi Jabar kembali mendapat anugerah penghargaan keterbukaan informasi publik dari Komisi Informasi (KI) Pusat sebagai Badan Publik Informatif. Penyerahan penghargaan itu diserahkan Komisioner Bidang Kelembagaan KI Pusat Cecep Suryadi kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil di halaman depan Gedug Sate, Kamis (3/12/2020), pada acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik di Jawa Barat tahun 2020.

“Alhamdulillah, Provinsi memang harus jadi tauladan dalam keterbukaan informasi, dan terbukti sudah 2 hingga 3 tahun terakhir mendapat anugerah yang sama dari Komisi Informasi” ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil) dalam sambutannya.

Namun menurut Kang Emil, di tingkat Kabupaten Kota dan lembaga publik lainnya di Jawa Barat, keterbukaan informasi masih harus ditingkatkan.

“Kalau mendengar laporan dari Pak Ijang tadi, berarti PR Jawa Barat masih panjang. Kita akan memikirkan bagaimana membuat teguran bagi mereka yang belum ikut dalam penilaian” ucapnya.

Selain itu Kang Emil berpesan, agar masyarakat juga harus terus diedukasi, karena tidak semua informasi itu boleh atau bisa dibuka ke publik. Masyarakat harus diedukasi informasi mana yang boleh dibuka mana yang tidak, lalu bagaimana prosedur atau tata cara meminta informasi.

Sementara itu Ketua KI Jabar Ijang Faisal menyampaikan catatan tentang kondisi keterbukaan informasi publik di Jabar berdasarkan penilaian hasil kunjungan KI lembaga publik.

“Ada beberapa catatan di antaranya sebagian besar badan publik belum optimal dalam penyelenggaraan keterbukaan informasi, masih ada PPID yang belum memahami secara benar soal keterbukaan informasi, dan masyarakat banyak yang belum tahu prosedur mendapatkan informasi” jelasnya.

Oleh karena itu Ijang merekomendasikan beberapa hal untuk peningkatan keterbukaan informasi publik, di antaranya adalah koordinasi antar antara lembaga, dan konektivitas data dan infromasi antar lembaga.

Dalam Pengaunegerahan Keterbukaan Informaai Publik di Jabar 2020 beberapa lembaga publik mendapat penghargaan: 
1. Kategori Bawaslu tingkat Kabupaten Kota:
     – Bawaslu Kab. Ciamis.
2. Kategori KPU Kabupaten Kota:
     – KPU Kab. Bandung
     – KPU Kab. Cirebon
     – KPU Kota Bogor
     – KPU Kita Tasikmalaya
     – KPU Kota Bandung
     – KPU Kab. Majalengka
     – KPU Kab. Kuningan
3. Kategori Pemerintah Kabupaten Kota:
     – Pemda Kota Bandung
     – Pemda Kab. Bandung
     – Pemda Kota Bekasi
4. Kategori Bawaslu Tingkat Provinsi:
     – Bawaslu Provinsi Jawa Barat
5. Kategori Partai Politik:
     – PKS
(Pun)

               

//platform.twitter.com/widgets.js(function(d, s, id) {
var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
if (d.getElementById(id)) return;
js = d.createElement(s); js.id = id;
js.src = “https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.5&appId=199167570421543”;
fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, ‘script’, ‘facebook-jssdk’));

(red/kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *