Connect with us

Nasional

Kementerian Pertahanan RI Gelar Rapim Kemhan Tahun 2024

Published

on

Kementerian Pertahanan RI Gelar Rapim Kemhan Tahun 2024

Jakarta  – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Kemhan 2024. Acara ini digelar di dua tempat, yaitu Aula Nusantara I dan Ruang Rapat Palapa, Kemhan, Jakarta, Jumat (23/2). Rapim tahunan ini dibuka dan dipimpin oleh Wakil Menteri Pertahanan RI M. Herindra — mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto; dan mengusung tema “Pertahanan Yang Tangguh Menjamin Kedaulatan dan Keunggulan Indonesia Maju”.

Sambutan Menhan RI, yang dibacakan Wamenhan RI, mengatakan bahwa Rapim Kemhan tidak sekedar kegiatan pertemuan rutin tahunan, namun kegiatan penting yang dapat menjadi landasan bagi pelaksanaan Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2024. Dalam Rapim ini juga dilaksanakan penyerahan dokumen kepada Ka UO, berupa Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2024, Amanat Anggaran Tahun 2024, dan beberapa dokumen strategis lainnya. Dokumen ini merupakan pedoman, peta, arah dan strategi yang akan menjadi panduan dalam menjalankan tugas-tugas penting pertahanan negara.

Memasuki tahun 2024 ini, ada empat fokus pembangunan postur TNI, sebagau kelanjutan dari program tahun sebelumnya; yaitu pembangunan kekuatan pokok TNI melalui modernisasi Alutsista, pembentukan komponen cadangan dan komponen pendukung, peningkatan kesejahteraan dan profesionalitas prajurit TNI, serta memperkuat satuan tempur dengan membentuk satuan produksi pangan dan konstruksi.

“Keberhasilan sebuah bangsa tidak semata-mata ditentukan oleh kemajuan ekonomi dan pembangunan, namun juga kekuatan dan fleksibilitas pertahanannya. Pertahanan yang tangguh tidak hanya bertujuan untuk menjaga batas-batas negara, melainkan juga untuk siap menghadapi berbagai ancaman, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Menhan dalam pidato tertulisnya.

Selama kegiatan Rapim, peserta juga berkesempatan mendengarkan paparan narasumber, yaitu Sekjen Kemhan, dengan judul materi “Peningkatan Produktivitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan”. Dilanjutkan paparan Dirjen Strahan Kemhan tentang Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2023 dan Pencapaiannya. Kemudian pemaparan “Alokasi Anggaran Kemhan dan TNI Tahun Anggaran 2024” oleh Dirjen Renhan Kemhan.

Penyelenggaraan Rapim Kemhan 2024 merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Pertahanan untuk terus meningkatkan profesionalisme, efisiensi, dan efektivitas dalam menjalankan tugas-tugas strategisnya. Kementerian Pertahanan siap bekerja keras untuk menjawab tantangan masa depan dan menjaga kedaulatan bangsa Indonesia.

Di akhir kegiatan Rapim 2024, Wamenhan menyampaikan sambutan penutup Menhan RI. Menhan memberikan arahan kepada seluruh peserta Rapim agar memedomani hasil Rapim Kemhan tahun 2024, memperkuat sinergi antara kekuatan Militer, K/L, dan pihak terkait dengan kemampuan teknologi, mewaspadai dan responsif terhadap berbagai ancaman, menetapkan sistem administrasi yang tertib dalam menjalankan program kerja tahun 2024, serta menjaga netralitas TNI dan mewujudkan penampilan profesional prajurit TNI disegala bidang.

Acara Rapim Kemhan Tahun 2024 turut dihadiri oleh Kasum TNI, Wakasad, Wakasal, Wakasau, Sekjen Kemhan, Irjen Kemhan, Rektor Unhan, Katimlak KKIP, pejabat Eselon I dan II Kemhan, Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU. (red/kp)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *