Connect with us

Politik

Kepala Daerah Dukung Jokowi, Mendagri: Sah Saja

Published

on

Kabarpolitik.com, PALEMBANG – Beberapa kepala daerah sudah mendeklarasikan dukungan Joko Widodo (Jokowi) di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu ditanggapi santai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

“Nggak ada masalah kalau kepala daerah mau mendukung capres. Baik Pak Jokowi maupun Pak Prabowo. Itu sah-sah saja,” kata Tjahjo saat ditemui di Griya Agung Palembang, Jumat (21/9).

Tjahjo menyampaikan, kepala daerah bertugas menyerap aspirasi masyarakat. Jadi jika memang masyarakatnya mendukung salah satu capres dan diikuti kepala daerahnya, maka hal itu wajar.

Misal, salah satu kepala daerah di Nusa Tenggara Barat (NTB). Meski berasal dari partai yang bukan pengusung Jokowi, namun sang kepala daerah tetap mendukung.

Tapi jika ingin berkampanye, maka harus memiliki izin meski hanya satu hari. Jika memang terbukti melanggar tentu akan diberikan sanksi. “Netralitas ASN itu sama seperti Polri. Jadi kalau memang melanggar silakan lapor. Tapi harus ada bukti seperti foto, rekaman dan lain sebagainya. Ini pasti diberikan sanksi,” tegasnya.

Sebelumnya, sebanyak 10 kepala daerah di Sumatera Barat (Sumbar) mendeklarasikan diri mendukung pasangan capres-cawapres Jokowi–Ma’ruf Amin. Salah satu pertimbannya adalah pembangunan di era Jokowi banyak dirasakan di Sumbar. (lim/JPC)

source

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *