Connect with us

Daerah

Sabaki, Merawat Musyawarah dengan Riungan

Avatar

Published

on

BANTEN – Kesatuan Adat Kasepuhan Banten Kidul (Sabaki) gelar Riungan Gede Kasepuhan se-Banten Kidul, acara yang diprakarsai kasepuhan dari Kabupaten Lebak ini bertujuan merawat budaya musyawarah d masyarakat dalam bentuk riung atau berkumpul. Lebak (3/3).

Dalam acara ini juga turut hadir mentri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudi Antara dan mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar. Dan ketua Sabaki Sukanta.

Sukanta mengatakan, riung besar ini merupakan upaya menjaga budaya musyawarah di kalangan masyarakat banten kidul. ” Riungan adalah wujud rasa kekeluargaan yang terus terjaga antar kasepuhan. Sedangkan musyawarah merupakan budaya para leluhur kita, dan sabaki mampu merawat hal ini,” Karanya.

Lebih lanjut sukanta menjelaskan bahwa Sabaki merupakan forum tertinggi dari musyawarah adat kasepuhan Banten kidul yang tersebar di lebak, Pandeglang, Sukabumi dan Bogor. “Setiap keputusan dalam riungan menjadi masukan bagi pemerintah untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat adat.” Ujarnya.

Menkominfo Rudi Antara mengapresiasi kegiatan tersebut, dirinya menilai kegiatan ini merupakan wadah besar dalam menjaga warisan masyarakat. “Riung gede membuat kita mengesampingkan ke ego pribadi, disini kita bicara satu sama lain sehingga mampu meredam konflik dalam diri sendiri maupun dengan orang lain, Untuk kemaslahatan dan kemajuan bersama.” Ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *