Connect with us

Nasional

Sekjen Kemhan Pimpin Rapim UO Kemhan Tahun 2024

Published

on

Sekjen Kemhan Pimpin Rapim UO Kemhan Tahun 2024

Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Donny Ermawan Taufanto, M.D.S., M.S.P., di dampingi Rektor Unhan RI Letnan Jenderal TNI Jonni Mahroza, Ph.D memimpin Rapat Pimpinan Unit Organisasi Kementerian Pertahanan (Rapim UO Kemhan) Tahun 2024, di Aula Nusantara I Gedung Urip Sumohardjo Kemhan, Jakarta, Rabu (6/3). Rapim UO Kemhan Tahun 2024 mengusung tema “Pertahanan yang Tangguh Menjamin Kedaulatan dan Keunggulan lndonesia Maju”.

Sekjen Kemhan menitikberatkan bahwa dibutuhkan sinergi dan kolaborasi yang kuat antara semua komponen di dalam Kemhan. Hal tersebut untuk merumuskan strategi pertahanan yang efektif dan adaptif sesuai dengan perkembangan terkini. “Kita harus mampu memanfaatkan segala potensi, mengoptimalkan sumber daya, dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang strategis dalam rangka mencapai pertahanan yang kuat dan tangguh,” kata Sekjen.

Pertahanan negara yang kuat dan tangguh adalah pilar utama bagi kedaulatan dan kemajuan suatu negara. Dengan tekad yang kuat dan kokoh dalam memperkuat pertahanan negara, Kemhan akan mampu membangun fondasi bagi Indonesia yang berdaulat, maju dan unggul di kawasan regional maupun global.

Dalam rangkaian kegiatan Rapim, peserta juga berkesempatan mendengarkan paparan dari beberapa narasumber, yaitu Sekjen Kemhan dengan judul materi Evaluasi Program dan Anggaran UO Kemhan TA. 2023 dan Kebijakan Pimpinan TA. 2024. Selanjutnya paparan Irjen Kemhan yang disampaikan oleh Ses Itjen Kemhan tentang Atensi terhadap Kinerja UO Kemhan Tahun 2023, Kepala Biro Ortala Setjen Kemhan tentang Penilaian Kinerja dan OTK Kemhan, Kasubdit Anggaran Bidang Hankam Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan tentang Kebijakan Belanja Tahun 2024, dan Ketua Ombudsman RI tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Sebelum menutup kegiatan Rapim, Sekjen Kemhan menyampaikan beberapa penekanan yang dapat dijadikan perhatian dalam rangka mendukung Program dan Anggaran UO Kemhan Tahun 2024, dan Kebijakan Pimpinan Tahun 2024. Pertama, tingkatkan koordinasi dan sinergitas antar Satker/Subsatker Kemhan serta lembaga terkait lainnya untuk mencapai tujuan-tujuan pertahanan negara. Kedua, terus buat inovasi dan terapkan pengembangan teknologi dalam bidang pertahanan untuk meningkatkan daya saing serta kemandirian teknologi pertahanan negara. Ketiga, optimalisasi penggunaan sumber daya dan anggaran untuk memastikan efisiensi serta efektivitas dalam pelaksanaan tugas pertahanan negara.

Keempat, lakukan respons yang adaptif dan inovatif dalam menghadapi ancaman asimetris, termasuk cyber warfare dan propaganda informasi. Kelima, laksanakan transparansi, akuntabilitas dalam semua kegiatan, pengelolaan sumber daya serta anggaran UO Kemhan untuk menjaga integritas dan kepercayaan publik. Keenam, masing-masing Kasatker/Kasubsatker agar dapat mempersiapkan dengan baik dan matang pada pelaksanaan penilaian terhadap kinerja Kemhan di segala bidang dari K/L terkait guna peningkatan citra positif Kemhan.

Di akhir acara, Sekjen Kemhan menyerahkan dokumen dan penghargaan kepada Kasatker yang telah berprestasi sesuai dengan bidang masing-masing. Kegiatan Rapim UO Kemhan 2024 secara tatap muka dihadiri Warek I Unhan, Katimlak KKIP, KA PCLS dan Pejabat Eselon I dan II, III dan IV Kemhan. (red/kp)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *