Connect with us

Jabodetabek

Survei Indo Barometer di Pilkada Tangsel, Elektabilitas Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan Jauh Mengungguli Kandidat Lain

kabarpolitik.com

Published

on

Hasil survei Indo Barometer terkait kontestasi Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel)memunculkan data elektabilitas Benyamin Davnie unggul jauh dari kandidat lainnya. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari mengatakan, dari hasil simulasi tiga pasangan calon, elektabilitas Benyamin-Pilar berada di angka 34,0 persen. Ada perbedaan cukup signifikan dengan dua kandidat lainnya. Pasangan Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo misalnya, baru mendapatkan 20,8 persen. Artinya, ada perbedaan hingga 13,2 persen dengan pasangan Benyamin-Pilar.

“Untuk pasangan Siti Nur Azizah-Ruhamaben, temuan kami elektabilitasnya hanya mencapai 10,5 persen,” kata Qodari saat memaparkan hasil survei melalui aplikasi zoom, Senin (7/12).

Survei Indo Barometer dilakukan dalam rentang 20-25 November, menempatkan sebanyak 400 responden dengan margin of error kurang lebih 4,9 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Pada temuan lain, survei Indo Barometer juga mengangkat pertanyaan mengenai kepribadian tiga calon walikota. Hasilnya, 50,1 persen masyarakat menilai Benyamin Davnie sebagai sosok yang jujur. Selain itu, 90,9 persen juga menilai Wakil Walikota Tangsel selama dua periode itu sebagai sosok yang pintar atau intelektual.

“Ada juga 84,3 persen masyarakat yang menilai Benyamin sebagai sosok yang berwibawa sebagai pemimpin dan 69,9 persen merasa Benyamin perhatian dan dekat dengan rakyat,” jelas Qodari.

Di sisi lain, tingginya elektabilitas Benyamin-Pilar turut dipengaruhi tingginya kepuasan masyarakat terhadap kinerja Airin Rachmi Diany.

“Dari temuan kami, sebanyak 66,8 persen masyarakat merasa puas dengan kinerja Airin sebagai walikota,” ungkap Qodari.

Selain itu, kepuasan masyarakat terhadap kinerja Benyamin Davnie sebagai wakil walikota juga cukup tinggi. Menurut Qodari, angkanya mencapai 54,5 persen. Unggulnya pasangan Benyamin Davnie – Pilar Saga Ichsan atas pasangan lain juga dipengaruhi oleh tingginya popularitas masing-masing. Benyamin dikenal oleh 98,8 persen responden dan Pilar Saga Ichsan dikenal oleh 83,3 persen.

Menanggapi hasil survei Indo Barometer tersebut, Pilar Saga Ichsan menyatakan bersyukur dan berdo’a agar hasil survei itu bisa sejakan dengan hasil pencoblosan 9 Desember mendatang. Menurutnya, segala ikhtiar kemanusiaan baik dari sisi kampanye, pergerakan jaringan kerja pemenangan maupun sosialisasi visi misi dan program kerja telah dilakukan maksimal.

“Kita berharap pilkada bisa berjalan aman, tertib dan damai,” ujarnya. (kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *