Connect with us

Pemerintahan

Terima Bupati Kepulauan Selayar, Wapres Minta Kerjasama Pihak Terkait Tuntaskan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascabencana

Published

on

Jakarta, Kabarpolitik.com – Peristiwa bencana gempa bumi yang melanda Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan pada 14 Desember 2021 yang lalu masih menyisakan duka bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Gempa bumi berkekuatan 7,4 skala richter ini memberikan dampak kerusakan infrastruktur di Kecamatan Pasimarannu dan Kecamatan Pasilambena. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh pihak terkait agar mampu bekerjasama guna mendukung proses rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana gempa bumi di Kabupaten Selayar.

“Saya meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait untuk terus bekerjasama guna mendukung penuntasan rehabilitiasi dan rekonstruksi pascabencana di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ujar Wapres saat menerima Bupati Kepulauan Selayar beserta jajarannya, di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat, Senin (15/08/2022).

Wapres turut mengapresiasi jajaran pemerintah daerah serta pemerintah provinsi yang sudah berkontribusi dalam penanggulangan bencana yang menimpa Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan tersebut.

“Saya memberi apresiasi kepada pemerintah daerah dan pemerintah provinsi, serta semua pihak yang sudah mengambil peran dalam rangka penanggulangan bencana,” ucapnya.

Lebih jauh, Wapres menerangkan bahwa pemerintah berkomitmen untuk membantu penanganan pascabencana Kabupaten Kepulauan Selayar, melalui adanya pemrosesan anggaran penanggulangan bencana.

“Kita itu sudah menyiapkan anggaran di pusat ataupun provinsi, maupun di daerah. Jangan sampai pemerintah daerah tidak menganggarkan itu, karena kalau terjadi apa-apa, kemudian terjadi kesulitan, baik di kabupaten maupun provinsi,” pungkas Wapres.

Sebagai informasi, pada tahun 2021 dana sejumlah Rp7,3 miliar telah disetujui untuk penanganan bencana, dan saat ini tengah diproses anggaran senilai Rp7,95 miliar yang diajukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar untuk perbaikan rumah warga terdampak bencana.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyampaikan pemerintah daerah terus memberikan semangat dan motivasi kepada masyarakat, melalui pemberian perhatian dan juga bantuan sosial yang disalurkan kepada masyarakat.

“Untuk penanganan tanggap darurat, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah memberikan dukungan logistik, seperti 1.000 paket sembako, tenda, kasur, selimut, perlengkapan bayi, peralatan dapur, perlengkapan mandi, genset, kabel rol, dan paket penjernih air,” ujarnya.

Turut mendampingi Bupati Kepulauan Selayar yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelibangda) Basok Lewa dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Muh. Ramli.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suparyoga Hadi, Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Tim Ahli Wapres Iggi Haruman Achsien dan Farhat Brachma, serta Asisten Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Pranggono Dwianto. (DAS/RJP – rls)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.