Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] 40 Kecamatan Lenyap Diterjang Air Laut Dahsyat

Published

on

Hasil periksa fakta Ainayya.

Unggahan video yang mengklaim bahwa 40 kecamatan terombang-ambing dan lenyap setelah diterjang air laut dahsyat merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “TPS di Tasikmalaya Ambruk Usai Diterjang Hujan dan Angin Kencang”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/qtQMmvmDqL8 (YouTube)

=======

[NARASI]: “LIVE: 40 KECAMATAN TEROMBANG AMBING AIR LAUT HEBAT LENYAPKAN KOTA HINGGA BEGINI | SANGAT DAHSYAT, 40 KECAMATAN TEROMBANG AMBING AIR LAUT HEBAT LENYAPKAN KOTA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @bencanaalam294 pada 16 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa 40 kecamatan terombang-ambing hingga lenyap akibat diterjang air laut dahsyat.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Detik Jabar berjudul “TPS di Tasikmalaya Ambruk Usai Diterjang Hujan dan Angin Kencang”.

Sumber: Detik Jabar

Artikel tersebut memberitakan mengenai ambruknya TPS 50 di Kampung Riung Asih, Kota Tasikmalaya. Diketahui bahwa TPS tersebut ambruk karena adanya hujan deras dan angin kencang yang terjadi pada 14 Februari 2024 sekitar pukul 13.00 WIB.

Lebih lanjut, tidak terdapat korban luka dalam insiden tersebut. Kotak suara pun diketahui dalam kondisi aman dan proses pemungutan suara dilanjutkan kembali di bangunan SMAN 4 Tasikmalaya yang lokasinya berdekatan dengan TPS.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @bencanaalam294 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.detik.com/jabar/berita/d-7193181/tps-di-tasikmalaya-ambruk-usai-diterjang-hujan-dan-angin-kencang

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *