Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] AFC dan FIFA Meminta Maaf ke Indonesia Buntut Gol Offside di Piala Asia 2023

Published

on

Hasil periksa fakta Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa AFC dan FIFA telah mengakui kesalahan dan meminta maaf atas disahkannya gol kontroversial Irak dalam pertandingan Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Akun AFC Diserang Netizen Imbas Gol Kontroversi Irak ke Indonesia”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1706253399.143353/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “QATAR TELAN MALU:exclamation:AFC DAN FIFA AJUKAN PERMOHONAN MAAF BUNTUT GOL OFFSIDE ? | AKUI SALAH BESAR, AFC AJUKAN PERMINTAAN MAAF UNTUK GOL OFFSIDE IRAK KE GAWANG INDONESIA”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube @lineupgaruda7819 mengunggah video dengan klaim bahwa AFC dan FIFA telah mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas disahkannya gol offside dari Osama Rashid dalam laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023. Permintaan maaf itu disampaikan setelah netizen ramai menyerbu akun resmi AFC.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik CNN Indonesia berjudul “Akun AFC Diserang Netizen Imbas Gol Kontroversi Irak ke Indonesia”.

Sumber: CNN Indonesia

Artikel tersebut memberitakan mengenai akun media sosial Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menjadi sasaran amukan netizen setelah Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Irak di Piala Asia 2023. Hal ini terjadi lantaran terdapat gol kontroversial dari Irak yang berbau offside, namun tetap disahkan oleh wasit Tantashev Ilgiz.

Hingga saat ini pun, tidak ditemukan informasi dan bukti kredibel mengenai permintaan maaf AFC dan FIFA atas disahkannya gol kontroversial dalam laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube @lineupgaruda7819 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20240116000037-142-1049941/akun-afc-diserang-netizen-imbas-gol-kontroversi-irak-ke-indonesia

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *