Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Anies Baswedan: “Menggunakan Batik sebagai Baju Adalah Pelanggaran & Batik Tidak Cocok untuk Dijadikan Baju”

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut adalah hasil editan dari video kuliah live Anies Baswedan di UMI Makassar, tidak ada hubungannya dengan pembahasan batik.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: TikTok
https://web.archive.org/web/20240215102946/https://www.tiktok.com/@rossalina.rossali/video/7328385510575983878?_r=1&_t=8jXUIE3eFs1&social_sharing=1

=====

Narasi:

“Viral. Anies mangatakan batik itu kain tidak cocok jadi baju, namun beliau memakainya menjadi baju”.

=====

Penjelasan:
Akun TikTok @rossalina.rossali mengunggah video yang menunjukkan Anies Baswedan berkata di pidatonya bahwa kain batik tidak cocok untuk dijadikan baju dan menggunakan batik sebagai baju adalah pelanggaran. Video TikTok tersebut diunggah pada 26 Januari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah hasil editan. Versi video asli dan lengkapnya telah beredar di YouTube, salah satunya diunggah oleh akun YouTube ENO Glowing Channel dengan judul “LIVE KULIAH PAKAR ANIES BASWEDAN DI UM MAKASSAR”.

Terlebih lagi, informasi yang sama pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] MENURUT ANIES KAIN BATIK DIBUAT BAJU ADALAH PELANGGARAN BESAR” dan dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @rossalina.rossali merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=-Rbij2aHA2o

https://turnbackhoax.id/2022/12/19/salah-menurut-anies-kain-batik-dibuat-baju-adalah-pelanggaran-besar/

//www.tiktok.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *