Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] BANJIR DI DAERAH KOJA, TANJUNG PRIOK

Published

on

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video dalam klaim tersebut merupakan video banjir di kawasan Lembah Klang, Malaysia yang terjadi pada Desember 2021.

====

[KATEGORI]: Konteks yang salah

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1677324542.839524/singlefile.html (twitter)

====

[NARASI]: Banjir daerah Koja tanjung priuk.effeck hujan dari kemarin sampei tadi malam.

====

[PENJELASAN]:
Beredar video di media sosial twitter oleh akun bernama @Official3Ato yang menampilkan banjir di suatu daerah dengan klaim bahwa banjir tersebut terjadi di Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video yang identik dengan video klaim tersebut. Video tersebut identik dengan video unggahan channel youtube Aksi Cepat Tanggap dengan judul “BEGINI PENAMPAKAN BANJIR DAHSYAT DI KUALA LUMPUR MALAYSIA..” yang tayang pada 20 desember 2021.

Banjir tersebut terjadi di kawasan Lembah Klang, Malaysia yang diakibatkan oleh hujan deras yang mengguyur mulai dari hari Sabtu hingga Minggu dini hari yang menyebabkan membludaknya sungai Gombak dan Sungai Klang.

Banjir menggenangi pemukiman warga, fasilitas publik, sejumlah sekolah hingga menggenangi ruas jalan tol yang menghubungkan antar negeri atau provinsi.

Sebelumnya, video ini juga pernah diunggah dengan klaim bahwa banjir tersebut terjadi akibat tanggul Brantas yang jebol di wilayah Driyorejo dan Menganti, Gresik.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa banjir terjadi di daerah Koja, Tanjung Priok tidak terbukti dan termasuk ke dalam konteks yang salah.

[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=Mt09Q36Tf_U&ab_channel=AksiCepatTanggap

//platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *