Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Beredar Bantuan 50 Juta dari Presiden Jokowi Melalui Tiktok

Published

on

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Presiden Jokowi memberikan bantuan sosial uang 50 juta rupiah, akun yang mengatasnamakan Jokowi tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/7BIhT (arsip)

===========

[NARASI]: “Jika video ini lewat Beranda Kalian berarti Anda beruntung langsung dapat bantuan tunai dari bapak Jokowi 50 juta tunai sekarang!!”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan Presiden Joko Widodo mengunggah video yang berisi narasi bahwa ia akan memberikan bantuan uang sebesar 50 juta rupiah untuk siapa saja.

Unggahan tersebut memuat video Presiden Jokowi yang terlihat sedang berpidato disertai kalimat tentang pemberian bantuan uang 50 juta tersebut. Saat ditelusuri, sumber video tersebut berasal dari channel Youtube Sekretariat Presiden dengan judul “Pernyataan Presiden Joko Widodo Terkait Tindak Kekerasan di Gaza, Riyadh, 19 Oktober 2023”.

Dalam isi video tersebut Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Indonesia mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi di Gaza karena telah mengakibatkan penderitaan dan semakin banyaknya korban sipil, termasuk perempuan dan anak, Indonesia juga mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit Al Ahli.

Hingga akhir video tidak ditemukan satupun statement dari Presiden Jokowi mengenai bantuan sebesar 50 juta. Sebelumnya di turnbackhoax.id juga menemukan isu serupa mengenai akun tiruan yang mengaku sebagai Prabowo Subianto sedang mengadakan giveaway uang tunai.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=H-_OVUhdBcs

https://www.instagram.com/p/CymzwX4L6fs/

//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *