Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] CHINA KETAR KETIR!!TEPAT HARI INI JOKOWI AMBIL LAHKAH BEGINI

Published

on

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang Menyesatkan. Penelusuran menunjukkan bahwa tidak ada kaitannya antara akuisisi jet tempur dengan konflik Indonesia dan China perihal laut Natuna. Video merupakan kumpulan dari beberapa video yang diedit menjadi satu disertai dengan narasi yang menyesatkan.

= = = = =

Kategori : Konten yang Menyesatkan

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1675089487.746843/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
CHINA KETAR KETIR!!TEPAT HARI INI JOKOWI AMBIL LAHKAH BEGINI

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube ZONA MERAH mengunggah video dengan judul โ€œCHINA KETAR KETIR!!TEPAT HARI INI JOKOWI AMBIL LAHKAH BEGINIโ€ pada tanggal 29 Januari 2023. Dalam video disebutkan bahwa ketegangan antara Indonesia dan China meningkat atas klaim laut Natuna Utara dan akuisisi jet tempur yang dilakukan Indonesia disebut berhubungan dengan sengketa China.

Penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut merupakan kumpulan video yang diedit dengan narasi yang menyesatkan. Cuplikan video pertama yang ditampilkan adalah video pidato Presiden Joko Widodo saat menghadiri KTT Peringatan 45 Tahun ASEAN-Uni Eropa di Gedung Europa, Brussels, Rabu (14/11/2022). Dalam pidatonya di KTT tersebut, Presiden Jokowi mendorong agar kemitraan ASEAN dan Uni Eropa harus didasarkan pada prinsip kesetaraan.

Video kedua yang ditampikan adalah video kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Natuna, Provinsi Riau pada 8 Januari 2020 untuk memastikan tak ada kapal yang memasuki perairan Indonesia. Video ketiga yang ditampilkan adalah video cuplikan berita dengan judul: โ€œChina Klaim Natuna, Protes Minta RI Setop Pengeboran Minyak dan Gasโ€ yang diunggah akun Youtube VIVA.CO.IDย pada tanggal 2 Desember 2021.

Video lain yang ditampilkan adalah video pidato Presiden China Xi Jinping di depan anggota DPR pada tanggal 3 Oktober 2013. Xi Jinping menguraikan visi China, mempromosikan hubungan bilateral dan China se-ASEAN, serta konsep pembangunan China yang damai.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=97lyyjiminA
https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=pPEmQuILrIM
https://www.youtube.com/watch?v=raBT3Oqn5Ik
https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=pBiI3ZaDVzM

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *