Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gedung Bawaslu Hingga Mobil Plat Merah Dibakar saat Demo Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Published

on

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut diambil ketika kerusuhan demonstrasi penolakan hasil Pemilu Presiden 2019 di depan gedung Bawaslu. Tidak ada kaitannya dengan agenda Pemilu Presiden 2024.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/pUmqv

= = =

Narasi:

“innalillahi. ALLAHUAKBAR 100X. Gedung Bawaslu dibakar, Mobil plat merah dibakar, Diskualifikasi Pragib”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan gedung terbakar, dalam video tersebut tertulis narasi “Diskualifikasi Pragib” sehingga masyarakat dapat mengira bahwa kebakaran tersebut terjadi setelah Pemilu Presiden 2024.

Setelah ditelusuri, faktanya insiden dalam video tersebut terjadi pada 22 Mei 2019 saat kerusuhan demonstrasi penolakan hasil Pemilu Presiden 2019. Saat itu pasangan Prabowo-Gibran (Pragib) bukan pasangan calon presiden.

Pada kerusuhan 5 tahun tersebut, gedung Bawaslu memang terbakar di lantai 2 yang merusak dinding pinggir yang menghadap gedung Jaya. Kebakaran tersebut diakibatkan oleh bom molotov yang dilemparkan demonstran.

Dengan demikian, gedung Bawaslu terbakar saat demo diskualifikasi Prabowo-Gibran adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/02/29/184500182/-hoaks-gedung-bawaslu-ri-dibakar-pengunjuk-rasa-terkait-pemilu-2024

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *