Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gelombang Setinggi 10 Meter Kepung Belasan Kecamatan

Published

on

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video tersebut hanya berisi himbauan dari BMKG mengenai potensi gelombang setinggi 2,5 meter wilayah Laut Sawu di NTT, selain dari itu tidak ditemukan informasi yang membenarkan adanya peristiwa gelombang setinggi 10 meter yang melanda hingga belasan kecamatan.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/ec3x02JBw2A (arsip)

===========

[NARASI]: “🔴🔴Live; SEKERIKA SEPERTI KIAMAT… GELOMBANG TINGGI 10 METER KEPUNG BELASAN WILAYAH KECAMATAN KOTA”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah klaim di Youtube pada 5 Maret 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi peristiwa gelombang setinggi 10 meter yang melanda belasan kecamatan di suatu kota yang tidak disebutkan.

Namun, setelah disimak ternyata isi video tersebut hanya berisi tentang himbauan dari BMKG mengenai peringatan dini cuaca buruk untuk wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega-Manggarai Decky Irmawan lebih lanjut mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi saat beraktivitas di tengah laut, terutama di Laut Sawu. Pihaknya memperkirakan tinggi gelombang bisa mencapai 2,5 meter. 

Isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai adanya gelombang setinggi 20 meter. Selain itu, narator juga hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG: Waspada Gelombang Tinggi 2,5 Meter di Laut Sawu NTT Hari ini” yang diterbitkan oleh Oke News. 

===========

 [REFERENSI] :

https://news.okezone.com/read/2024/03/04/340/2978589/bmkg-waspada-gelombang-tinggi-2-5-meter-di-laut-sawu-ntt-hari-ini?page=1

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *