Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Gelombang Tinggi Hantam Bersih 1.085 Rumah di Papua

Published

on

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi video tidak menunjukan benar adanya gelombang tinggi di Papua yang akibatkan sebanyak 1.085 rumah tersapu habis.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1706033358.510705/index.html

(arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~LENYAP‼️BARU SAJA PAPUA BERDUKA,GELOMBANG HEBAT SAPU BERSIH 1.085 RUMAH PAGI INI❓”

===========

[PENJELASAN]: Pada 20 Januari 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul tentang Sumbawa yang diguncang gempa berskala besar.

Pada gambar thumbnail diperlihatkan sebuah peristiwa tsunami yang cukup hebat menerjang perumahan dan mobil-mobil penduduk. Namun, setelah dilakukan pencarian gambar, ternyata gambar tersebut bukan merupakan peristiwa yang menimpa Papua. Dilansir dari situs National Geographic, foto tersebut merupakan foto kejadian tsunami yang menimpa Jepang pada 2011 lalu.

Selain itu informasi yang dijelaskan dalam isi video hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Waspada Potensi Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Samudra Pasifik Utara Kepala Burung Pulau Papua” yang diterbitkan oleh Tribun Sorong pada 27 Januari 2024.

Pada artikel tersebut hanya menjelaskan pemaparan dari BMKG tentang peringatan dini terhadap potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya, tidak dijelaskan juga tentang benar adanya 1.085 rumah penduduk di Papua yang tersapu bersih oleh gelombang tinggi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.nationalgeographic.com/environment/article/tsunamis

https://sorong.tribunnews.com/2024/01/27/waspada-potensi-gelombang-tinggi-4-meter-di-perairan-samudra-pasifik-utara-kepala-burung-pulau-papua

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *