Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Jokowi Bangun IKN untuk Rakyat Tiongkok

Hasil periksa fakta Agnes A

Berdasarkan tayangan video asli dan artikel Asia Times terkait tidak ada pembahasan mengenai pembangunan IKN yang dilakukan Presiden Jokowi untuk warga Tiongkok. Video maupun artikel berisi tentang pendanaan China pada proyek KCIC Jakarta Bandung.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/5hTo3 (Twitter/X)

=====

[NARASI]: “Jokowi membangun IKN untuk rakyat Tiongkok. Ngeri”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter/X @dancersejati07 mengunggah cuitan dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo membangun IKN untuk rakyat Tiongkok. Dalam cuitannya, dilampirkan sebuah video dengan narasi bahwa Pemerintah China kini menagih hutang Indonesia setelah nama Anies Baswedan mendunia. Dalam narasi juga dituliskan bahwa China menawarkan Indonesia untuk membayar hutang atau mengganti dengan 200 juta penduduk Tiongkok untuk menetap di Kalimantan.

Dalam video yang dilampirkan tersebut menampilkan seorang pembawa berita yang membawakan berita dalam Bahasa Inggris.

Setelah dilakukan penelusuran dengan bantuan Google Reverse Image, ditemukan unggahan yang identik dengan video tersebut pada akun Facebook media berita WION dari India. Video ini diunggah pada 20 Oktober 2021. Jika diterjemahkan, berita yang disampaikan membahas tentang bom waktu pinjaman China ke negara-negara di dunia. 165 negara berhutang setidaknya $385 miliar kepada China. Namun, dunia hampir tidak mengetahui tentang pinjaman ini. “Utang tersembunyi” ini yang kemudian disebut bisa memicu krisis ekonomi.

Sang pembawa berita mencontohkan Indonesia yang memiliki pinjaman ke China dalam proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Jakarta-Bandung. Penjelasan detil mengenai hal ini juga dibahas pada artikel Asia Times dengan judul “Hidden China debts come to the fore in Indonesia,” yang diunggah pada 18 Oktober 2021.

Namun berdasarkan tayangan video asli dan artikel Asia Times tersebut tidak ada pembahasan mengenai pembangunan IKN yang dilakukan Presiden Jokowi untuk warga Tiongkok. Video maupun artikel berisi tentang pendanaan China pada proyek KCIC Jakarta Bandung.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *