Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Jokowi Hadiri Pemindahan Makam Panji Gumilang

Published

on

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi menghadiri pemindahan makam Panji Gumilang adalah konten yang tidak benar. Faktanya tidak ada bukti yang valid terkait meninggalnya pimpinan ponpes Al-Zaytun tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1696593359.804013/index.html

====
[NARASI]: “PANJI GUMILANG, JOKOWI HADIRI PEMINDAHAN MAK4M PANJI GUMILANG”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Gosip Artis News” mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Jokowi menghadiri pemindahan makam Panji Gumilang. Namun klaim tersebut belum ada bukti valid yang dapat membuktikan kebenarannya.

Dalam video berdurasi 8 menit tersebut menuturkan bahwa Panji Gumilang baru saja dieksekusi mati dan kehadiran Presiden Jokowi dalam pemakaman Panji Gumilang menjadi sorotan dunia. Kehadiran tersebut dinilai sebagai sebuah penghormatan terakhir kepada Panji Gumilang walau ia merupakan terpidana mati di Nusakambangan.

Setelah dilakukan penelusuran, berita mengenai meninggalnya Panji Gumilang adalah berita yang tidak benar atau hoax. Lebih lanjut tidak ada berita kredibel tentang kehadiran Jokowi dalam pemakaman Panji Gumilang. Dapat disimpulkan klaim-klaim dalam video di atas tidak benar adanya.

==========

[REFERENSI]

[1] https://sleman.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-3047187224/cek-fakta-panji-gumilang-dihukum-mati-jokowi-pimpin-sholat-jenazah-di-ponpes-al-zaytun?page=2
[2]https://cekfakta.tempo.co/fakta/2493/keliru-panji-gumilang-jalani-eksekusi-mati-di-nusakambangan-dan-presiden-jokowi-datang-bertakziah

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *