Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] “Julio Iglesias meninggal karena covid19”

kabarpolitik.com

Published

on

BUKAN Julio Iglesias. FAKTANYA, video yang dibagikan adalah rekaman acara pemakaman Julio Anguita González, politikus Spanyol yang meninggal pada 16 Mei 2020 karena gagal jantung.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“Julio Iglesias … meninggal krn covid19 … dirawat di RS Barcelona …”

======

PENJELASAN

(1) First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

* SUMBER membagikan video acara pemakaman Julio Anguita González dengan narasi yang menimbulkan kesimpulan yang keliru, mengaitkan dengan Julio Iglesias.


(2) Beberapa video yang berkaitan,

* IU Andalucia: “Selamat tinggal terakhir untuk Julio Anguita, pemimpin bersejarah Kiri Bersatu dan Partai Komunis Spanyol, dari Dewan Kota Córdoba. Gambar disediakan oleh Córdoba TV.

#JulioAnguita #Anguita #United Left #IU #PCE” (Google Translate Chrome extension).

* TV Cordoba: “Selamat tinggal Julio ANGUITA” (Google Translate Chrome extension).

* 20 Minutos: “Ratusan orang Cordoba telah mengucapkan selamat tinggal melalui jalan-jalan kota, di antara sorak-sorai dan tepuk tangan yang telah berlangsung selama 22 menit , dari pemimpin bersejarah United Left Julio Anguita , yang meninggal hari Sabtu ini dan yang jenazahnya telah dipindahkan ke Pemakaman La Fuensanta Dari Cordoba.” (Google Translate Chrome extension).


(3) Berkaitan dengan Julio Anguita,

* JACOBIN: “Ketika mantan pemimpin Partai Komunis Spanyol Julio Anguita dimakamkan minggu lalu, kerumunan orang di negara asalnya Córdoba melanggar karantina untuk menyanyikan Internationale di samping peti matinya. “Khalifah Merah” menyelamatkan partainya dari kelesuan tahun 1980-an – dan membantu meletakkan dasar bagi Unidas Podemos hari ini.” (Google Translate).

* Wikipedia: “Julio Anguita González (21 November 1941 – 16 Mei 2020) [1] adalah seorang politikus Spanyol. Dia adalah Walikota Córdoba dari 1979 hingga 1986, koordinator United Left (IU) antara 1989 dan 1999, dan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Spanyol (PCE) dari 1988 hingga 1998. Karena pengaruhnya dan mayoritas absolutnya di Córdoba , dia dijuluki el califa rojo ( Khalifah merah ). [2]” (Google Translate ).


(4) Berkaitan dengan Julio Iglesias,

* Situs resmi Julio Iglesias: “Teman-teman:

Selamat datang di halaman web resmi saya!

Ini adalah situs yang dibuat untuk Anda, dengan semua kasih sayang saya dan dengan harapan di dalamnya Anda akan menemukan informasi yang Anda minati.” (Google Translate ).

* Wikipedia: “Julio Iglesias (lahir di Madrid, Spanyol, 23 September 1943; umur 77 tahun) adalah seorang penyanyi legendaris berkebangsaan Spanyol. Ia mencapai popularitas di kancah internasional pada era 1970-an dan 1980-an sebagai penyanyi ballad romantis.”

======

REFERENSI

(1) firstdraftnews.org: “Berita palsu. Ini rumit.” http://bit.ly/2MxVN7S (Google Translate), http://bit.ly/2rhTadC.

(2) youtube.com: “⚫ Último adiós a Julio Anguita desde el Ayuntamiento de Córdoba” https://bit.ly/2Ybq53Q / https://archive.md/8QLPY (arsip cadangan).

(3) youtube.com: “JULIO ANGUITA ÚLTIMO ADIÓS” https://bit.ly/39RV7Tu / https://archive.md/K8wbh (arsip cadangan).

(4) 20minutos.es: “Córdoba despide a Julio Anguita con una espectacular y emocionante ovación de 22 minutos” http://bit.ly/3qNWc5W / https://archive.md/153XD (arsip cadangan).

(5) jacobinmag.com: “Julio Anguita (1941–2020)” http://bit.ly/2Nm8XpF (Google Translate) / http://bit.ly/39TRk8o (arsip cadangan).

(6) wikipedia.org: “Julio Anguita” http://bit.ly/3c9XaFk (Google Translate) / http://bit.ly/3sQhiSX (arsip cadangan).

(7) julioiglesias.com: “WELCOME TO THE OFFICIAL WEBPAGE OF JULIO IGLESIAS!” https://bit.ly/2KHr2NZ / http://bit.ly/364tZzG (arsip cadangan).

(8) wikipedia.org: “Julio Iglesias” http://bit.ly/3c5EXsw / https://archive.md/mo1q8 (arsip cadangan).

Sumber: turnbackhoax.id

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *