Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Kang Emil Memimpin Ribuan Relawan Untuk Mendukung Anies

Published

on

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan Kang Emil turun tangan untuk memimpin ribuan relawan dalam rangka mendukung Anies Baswedan adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706034640.38707/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
Kang Emil pimpin langsung !! Detik-detik ribuan relawan antusias hadir untuk dukung Anies

====

[PENJELASAN]:

Pada 17 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama GARUDA POLITIK (https://www.youtube.com/@LINTASOPINI9436) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Ridwan Kamil atau yang lebih akrab disapa Kang Emil memimpin ribuan relawan dalam rangka  untuk memberikan dukungan kepada Anies Baswedan selaku calon presiden 2024.

Setelah dianalisa lebih lanjut, klaim yang disampaikan pada video tersebut tidak sesuai dengan potongan-potongan video yang digunakan. Narator tidak sama sekali menjelaskan terkait dukungan yang disampaikan oleh Ridwan Kamil terhadap Anies Baswedan. Video tersebut hanya berisi potongan dari beberapa pendukung Anies Baswedan yang menyuarakan pendapatnya semasa kepemimpinan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Selain itu, menurut Muhammad Nurman selaku Ketua Umum Sahabat Prabowo RI 1 dalam wawancaranya bersama radarbogor.id pada 3 November 2023 menyatakan bahwa Kang Emil sebagai anggota partai Golkar yang tergabung dalam koalisi pendukung Prabowo-Gibran dengan jelas turut mendukung pasangan calon nomor urut 02 tersebut menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2024 mendatang.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Kang Emil turun tangan untuk memimpin ribuan relawan dalam rangka mendukung Anies Baswedan adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://www.radarbogor.id/2023/11/03/relawan-ridwan-kamil-ganti-haluan-dukung-prabowo-subianto-ini-alasannya/

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *