Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Menelan Pasta Gigi Fluoride Sebabkan IQ Rendah dan Gigi Kuning

Published

on

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang menyebut bahwa fluoride dalam pasta gigi memiliki dampak berbahaya jika tertelan adalah informasi yang menyesatkan. Kandungan fluoride dalam pasta gigi ada dalam dosis wajar dan tidak berbahaya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1700930468.984813/screenshot.png (TikTok)

=====

[NARASI]:

“Tuanya baru pake pasta gigi natural, telat nek, makanya liat berita di kompas bukan tiktok/dengerin drg sponsor pep$o$o. Haluuu”

Narasi dalam video:

“Pov mudanya kebanyakan nelenin fluoride tuanya IQ jongkok gigi kuning”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok mama.zela mengunggah video dengan klaim bahwa kebiasaan menelan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat menyebabkan turunnya IQ dan gigi menguning.

Namun klaim tersebut langsung dibantah oleh drg. Fira melalui unggahan di akun TikToknya. drg. Fira menyebutkan bahwa penelitian yang dikatakan bisa menurunkan IQ itu dilakukan dengan air minum dan fluoride dengan exposure fluoride yang berlebihan, bukan dari pasta gigi berfluoride yang sesuai anjuran.

Pada postingan drg. Fira juga menambahkan beberapa jurnal ilmiah yang menyatakan pentingnya menggunakan pasta gigi berfluoride terutama pada anak-anak. Kandungan fluoride ini mampu mengembalikan kekerasan lapisan enamel gigi yang larut oleh asam yang dihasilkan oleh bakteri sehingga mengurangi risiko gigi berlubang.

Dikutip dari Kompas, Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut sekaligus pendiri Difa Oral Health Center Jakarta, drg. Widya Apsari Sp.PM. juga mangatakan bahwa menelan pasta gigi dengan kandungan fluoride tidak berbahaya.

Lebih lanjut, drg. Widya mengatakan bahwa segala sesuatu yang dikonsumsi berlebih akan berdampak buruk. Begitu juga dengan fluoride. Akan tetapi, toksisitas fluoride hanya akan terjadi bila dalam jumlah yang sangat besar. Beberapa jurnal mengatakan toksisitas fluor terjadi pada dosis 40–80 mg/kg berat badan, sedangkan dosis fluor dalam pasta gigi hanya sebesar 0,016 and 0,15 mg dalam 1 dosis pemakaian pasta gigi atau sebesar biji jagung.

Sehingga informasi yang menyebut bahwa fluoride dalam pasta gigi memiliki dampak berbahaya jika tertelan adalah informasi yang menyesatkan. Kandungan fluoride dalam pasta gigi ada dalam dosis wajar dan tidak berbahaya.

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *