Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] MENTERI PUPR BASUKI HADIMULJONO RESMI MUNDUR DARI KABINET

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mundur dari kabinet. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1717986117.491699/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PAK BASUKI RESMI MUNDUR DARI KABINET:bangbang:USAI BABAK BELUR DIHAJAR KOMISI V DPR, JKW MERINGIS

KABAR MENGGEMPARKAN
MENYESAL JADI BAGIAN J0K0WI
PAK BASUKI MUNDUR USAI DICECAR HABIS DPR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari chennel youtube bernama ONE NATION bernarasikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Ketua Komite Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Basuki Hadimuljono mundur dari kabinet usai dicecar habis DPR.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan juga merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Menteri PUPR sekaligus Ketua Komite BP Tapera, Basuki Hadimuljono, menyesal terkait program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang ramai disorot publik karena iurannya dipotong dari gaji pegawai. Basuki mempertanyakan aturan main Tapera yang terkesan tergesa-gesa. Narasi tersebut bersumber dari artikel detik.com berjudul “Basuki Menyesal soal Tapera: Kalau Belum Siap, Kenapa Kita Tergesa-gesa”.

Selain itu, narator juga membacakan artikel dari tempo.co dengan judul “DPR Cecar Basuki Hadimuljono soal Tapera: Subsidi Itu Kewajiban Negara, Bukan Sesama Warga Negara”. Artikel ini membahas tentang Anggota Komisi V DPR Irine Yusiana Roba mengkritisi Menteri PUPR sekaligus Ketua Komite Badan Pengelola Tapera Basuki Hadimuljono perihal detail data kebutuhan rumah bagi para ASN dan pekerja swasta.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Menteri PUPR sekaligus Ketua Komite Badan Pengelola Tapera Basuki Hadimuljono mundur dari kabinet adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita/d-7378109/basuki-menyesal-soal-tapera-kalau-belum-siap-kenapa-kita-tergesa-gesa

https://bisnis.tempo.co/read/1876793/dpr-cecar-basuki-hadimuljono-soal-tapera-subsidi-itu-kewajiban-negara-bukan-sesama-warga-negara

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *