Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Para Wanita di Finlandia Demo Supaya Pria Bisa Punya Istri Lebih dari Satu

Published

on

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video itu menunjukkan para wanita di Swiss yang demo membela feminisme, bukan demo di Finlandia membela pria supaya bisa beristri lebih dari satu.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/pSiwm

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):
“Perempuan di Finlandia terlihat melakukan protes terhadap laki-laki yang hanya menikahi satu istri. Mereka ingin laki-laki menikahi lebih dari satu istri karena populasi perempuan tanpa suami terus meningkat di negara mereka”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @LoloEtny mengunggah video yang menunjukkan para wanita telanjang yang sedang berunjuk rasa. @LoloEtny mengklaim video itu diambil di Finlandia, di tengah demo wanita yang menuntut peraturan baru supaya pria bisa beristri lebih dari satu. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 30 Desember 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Video serupa telah banyak beredar sejak 2019, dan event tersebut telah banyak masuk ke kanal berita internasional. Salah satu pengguna Twitter bernama Andrea Florence mengunggah foto yang menunjukkan peserta dan tempat yang sama seperti di video @LoloEtny pada 15 Juni 2019 darri Geneva, Swiss. Andrea Florence menulis bahwa protes tersebut bertujuan supaya para wanita di Swiss bisa mendapat lebih banyak kebebasan untuk melakukan apapun terhadap tubuh mereka.

Selain itu, laman Facebook “Greve feministe – Geneve” juga mengunggah foto yang sama seperti Andrea Florence pada 15 Juni 2019, yang juga menunjukkan lokasi di Geneva, Swiss.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @LoloEtny merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://twitter.com/AndreaFlorence4/status/1139640668488421376

https://web.facebook.com/photo/?fbid=381930866002785&set=a.381336229395582&_rdc=1&_rdr

//platform.twitter.com/widgets.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *