Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] POLISI KEWALAHAN DALAM MENGAMANKAN DEMO RIBUAN RELAWAN GANJAR DI PATUNG KUDA 21 FEBRUARI 2024

Published

on

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Dalam video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peritiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/LHC7-F2T5 (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER PAGI INI..!!! 1978 POLISI KEWALAHAN DENGAN AKSI DEMO PARA RELAWAN GANJAR KARNA HAL INI..!!!

JAKARTA MACET TOTAL
RIBUAN RELAWAN GANJAR DEMO BESAR BESARAN DI PATUNG KUDA

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL yang menampilkan thumbnail demonstrasi di Patung Kuda dengan narasi yang menyatakan bahwa 1.978 polisi kewalahan dalam mengamankan aksi demo relawan Ganjar di Patung Kuda pada pagi ini 21 Februari 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, dari awal hingga akhir video tidak terdapat informasi terkait klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narator dalam video tesebut hanya membacakan ulang artikel dari detik.com berjudul “Polisi Turunkan 1.978 Personel Jaga Demo Relawan Ganjar di Patung Kuda” yang dimuat pada 19 Februari 2024.

Artikel tersebut membahas terkait disiapkannya 1.978 personel kepolisian untuk mengamankan apabila ada aksi demo relawan Ganjar-Mahfud di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Thumbnail yang menampilkan aksi demonstrasi tersebut merupakan momen ketika massa buruh menggelar demonstrasi terkait pencabutan UU Omnibus Law Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat pada Kamis, 10 Agustus 2023.

Foto aslinya dimuat dalam artikel detik.com berjudul “6 Fakta Massa di Patung Kuda: Bakar-bakar Sampai Tengah Malam” yang diunggah pada 11 Agustus 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan 1.978 polisi kewalahan dalam mengamankan aksi demo relawan Ganjar di Patung Kuda tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita/d-7200049/polisi-turunkan-1-978-personel-jaga-demo-relawan-ganjar-di-patung-kuda

https://news.detik.com/berita/d-6870165/6-fakta-massa-di-patung-kuda-bakar-bakar-sampai-tengah-malam

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *