Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] PRESIDEN JOKOWI DAN KAPOLRI COPOT POLDA JABAR AKIBAT BATALKAN SIDANG PEGI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait Presiden Jokowi dan Kapolri Listyo Sigit copot Polda Jawa Barat akibat batalkan sidang Pegi. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1719236896.300585/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
PRESIDEN JOKOWI DAN SIGIT RESMI COPOT POLDA JABAR AKIBAT BATALKAN SIDANG PEGI

BREAKING NEWS
POLDA JABAR DI PECAH SECARA TAK HORMAT
OLEH PRESIDEN & JENDRAL SIGIT SENGAJA BATALKAN SIDANG PEGI

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Presiden Jokowi dan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo copot Polda Jawa Barat akibat batalkan sidang Pegi Setiawan.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu. Beberapa cuplikan yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel kompas.tv berjudul “Sidang Perdana Praperadilan Pegi Setiawan Digelar Hari Ini terkait Kasus Vina Cirebon” yang dimuat pada 24 Juni 2024.

Artikel tersebut membahas tentang sidang perdana gugatan praperadilan yang diajukan Pegi Setiawan alias Perong, tersangka kasus pembunuhan Vina dan Eky yang akan digelar pada hari Senin, 24 Juni 2024 di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jawa Barat.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Presiden Jokowi dan Kapolri Listyo Sigit copot Polda Jawa Barat akibat batalkan sidang Pegi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.tv/nasional/517316/sidang-perdana-praperadilan-pegi-setiawan-digelar-hari-ini-terkait-kasus-vina-cirebon

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *