Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Ribuan Kader Demokrat Khianati AHY Demi Dukung Anies Baswedan

Published

on

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim ribuan kader Partai Demokrat rela mengkhianati AHY demi mendukung Anies Baswedan dalam perhelatan pemilihan calon presiden 2024 adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1706000279.730569/index.html (Youtube)

====

[NARASI]:
DIANGGAP TAK SEJALAN :bangbang:RIBUAN KADER DEMOKRAT KHIANATI AHY DEMI DUKUNG ANIES BASWEDAN

====

[PENJELASAN]:

Pada 17 Januari 2024 sebuah channel youtube dengan nama Suara Rakyat (https://www.youtube.com/@suararakyat5895) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa ribuan kader Partai Demokrat mengkhianati Agus Harimurti Yudhoyono atau yang lebih akrab disapa AHY demi mendukung Anies Baswedan.

Setelah ditelusuri, video dengan durasi 8 menit tersebut tidak menyampaikan narasi sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul. Narator video justru menyampaikan perihal alasan mengapa Partai Demokrat meninggalkan partai pengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden tahun 2024. Tanpa sedikit pun membahas terkait adanya kader Partai Demokrat yang mengkhianati AHY demitetap mendukung Anies Baswedan. Tak hanya itu, pengunggah juga menggunakan potongan video yang tidak sesuai dengan klaim dan narasi yang disampaikan. Hal itu dikarenakan pengunggah justru menggunakan potongan video milik Metro TV yang diunggah pada 3 Desember 2023 lalu, video tersebut berisikan kegiatan kampanye Anies di Tangerang, Banten.

Oleh sebab itu, video dengan klaim ribuan kader Partai Demokrat rela mengkhianati AHY demi mendukung Anies Baswedan dalam perhelatan pemilihan calon presiden 2024 adalah konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://www.youtube.com/watch?v=a1OyPo4B360

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *