Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Suara Prabowo Anjlok, Anies – Imin Kuasai Suara di Seluruh Indonesia

Published

on

Hasil periksa Agnes A

Tidak ada penjelasan yang valid dalam video tentang klaim suara Prabowo yang anjlok. Data dari KPU pasangan Prabowo – Gibran masih memimpin dengan perolehan 58,89% suara nasional.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/K2Pe4u0bHN0 (Youtube)

=====

[NARASI]: “Sore ini !! Suara Prabowo makin anjlok, hingga Anies-amin kuasai suara seluruh Indonesia”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube REDAKSI TV mengunggah video dengan klaim suara calon presiden Prabowo Subianto anjlok, disebabkan paslon nomor urut satu Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar yang berhasil menguasai perolehan suara di seluruh Indonesia.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada bukti valid yang menjelaskan tentang klaim tersebut. Cuplikan video hanya menjelaskan perolehan suara Anies yang unggul di Yaman dan Turki.

Selain itu, video yang ditampilkan juga tidak memiliki kaitan dengan klaim. Hanya merupakan gabungan dari berbagi momen kampanye dan debat yang dilakukan oleh capres dan cawapres.

Dikutip dari laman Info Publik Pemilu 2024 KPU, perolehan suara nasional dipimpin oleh pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dengan presentase 58,89%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh suara 25,06%. Dari data yang ditampilkan tersebut merupakan data yang berasal dari 619.579 dari 823.236 TPS atau 75.26%. (Data diakses pada 24/02/2024)

=====

[REFERENSI]:

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *