Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Tidak Ada Bayi yang Lahir di Italia dalam 3 Bulan Terakhir

Published

on

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Klaim tersebut tidak mendasar, faktanya beberapa media asal Italia mengabarkan mengenai kelahiran bayi di negara tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Medium/Portal Daring

https://perma.cc/R3AX-67JE

= = =

Narasi:

“Italy Achieves Unthinkable World Record. No Child Births in 3 Months.

Is Italy Seeking to Rival Japan’s Predicted Extinction Event?”

Terjemahan:

“Italia Mencapai Rekor Dunia yang Tak Terpikirkan. Tidak Ada Kelahiran Anak dalam 3 Bulan. Apakah Italia Ingin Menyaingi Prediksi Kepunahan Jepang?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di internet yang mengabarkan bahwa Italia tidak memiliki catatan kelahiran bayi dalam 3 bulan terakhir. Artikel yang terpublikasi melalui Medium pada 5 Oktober 2023 tersebut juga mengaitkan dengan Jepang diketahui memiliki jumlah kelahiran lebih sedikit.

Namun faktanya penelusuran oleh AFP menemukan bahwa beberapa media Italia mengabarkan kelahiran bayi pada bulan September, Oktober, hingga November 2023, hal tersebut membantah klaim bahwa tidak ada kelahiran selama 3 bulan terakhir sejak artikel tersebut terpublikasi di Italia.

Kendati demikian, dilansir dari AFP catatan yang diterbitkan oleh National Institute of Statistics (ISTAT) menunjukkan Italia telah mengalami penurunan jumlah kelahiran selama beberapa dekade, namun ini tidak membenarkan bahwa Italia tidak memiliki kelahiran bayi selama 3 bulan terakhir sejak Oktober 2023.

Dengan demikian, tidak ada bayi yang lahir di Italia dalam 3 bulan terakhir adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.343K28U

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *