Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video 5.000 Umat Katolik Beri Dukungan Kepada Palestina

Published

on

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video asli tersebut merupakan momen perayaan Ekaristi oleh umat Katolik di sepanjang jalanan besar di kota New York dan tidak ada keterkaitannya dengan isu politik Israel-Palestina.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/LGHI8 (arsip)

===========

[NARASI]: “CATHOLICS STAND WITH PALESTINE

CATHOLICS FULFIL THEIR DUTY TO GOD”

Terjemahan: “Umat Katolik berdiri bersama Palestina, umat Katolik memenuhi tugas mereka kepada Tuhan”

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar video di X/Twitter yang menampilkan sekumpulan umat Katolik yang berjalan bersama di sebuah jalan di kota yang tidak sebutkan lokasinya, video tersebut juga disertai narasi jika aksi tersebut merupakan bentuk dukungan umat Katolik untuk Palestina.

Akan tetapi ternyata klaim tersebut tidak benar, melalui hasil pencarian gambar, ditemukan beberapa video yang terlihat mirip dengan video yang beredar tersebut.

Salah satunya berasal dari video Fox News pada 14 Oktober 2023 yang berjudul “Hundreds participate in Eucharistic procession through New York City”. Menurut Kantor Liturgi di Wales, Inggris, prosesi Ekaristi merupakan sebuah prosesi khidmat dengan diiringi nyanyian, pada prosesi tersebut orang-orang Kristen Katolik memberikan kesaksian publik tentang iman dan pengabdian terhadap sakramen.

Lalu ditemukan lagi video yang lebih mirip yang berasal dari akun Instagram The Napa Institute (@thenapainstitue) sebuah organisasi kepemimpinan Katolik, dalam Instagramnya tersebut mereka mengunggah video serupa pada 12 Oktober 2023 dengan caption “5,000 witnesses to the true presence of Jesus in the Holy Eucharist in the streets of New York City during rush hour 🙏🏼🤍. Powerful!” atau yang jika diterjemahkan menjadi “5.000 saksi kehadiran Yesus yang sebenarnya dalam Ekaristi Kudus di jalan-jalan Kota New York selama jam sibuk”.

Melalui beberapa temuan tersebut maka dapat disimpulkan jika video 5.000 umat Katolik yang melakukan aksi bela Palestina tersebut adalah salah, faktanya video asli tersebut merupakan momen perayaan Ekaristi di sepanjang jalanan besar di kota New York.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.foxnews.com/video/6339032807112

https://www.instagram.com/p/CyRQiozv8_3/

//www.instagram.com/embed.js

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *