Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Demo Salah Tangkap Pegi Setiawan di Kota Cirebon

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan momen pada saat arak-arakan tim sepak bola Persib Bandung ketika sampai di Kota Bandung. Arak-arakan tersebut dilakukan setelah klub asal Bandung tersebut secara resmi menjadi juara pada kejuaraan BRI Liga 1 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/4eqwxd1

= = =

Narasi:

“siap serbu cirebon. MERINDING!!! inilah demo besar-besaran di kota cirebon yang katanya akan digelar hari ini kait kasus salah tangkap pegi setiawan dalam kasus kejam vina cirebon. kamu wajib tahu, ribuan massa dikatakan akan menggelar demo besar-besaran hari ini.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Snack Video yang mengklaim merupakan momen pada saat demo besar-besaran di Kota Cirebon terkait kasus salah tangkap Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Setelah ditelusuri dengan Google Lens, ditemukan postingan pada akun Threads @infobandungkota pada 1 Juni 2024 menampilkan video yang identik. Kemudian penelusuran berlanjut ke akun TikTok @infobandungkota, disebutkan pada captionnya bahwa video tersebut merupakan detik-detik konvoi kedatangan dari tim sepak bola Persib Bandung di Kota Bandung yang diketahui juara Liga Indonesia atau juga dikenal dengan BRI Liga 1.

Dengan demikian, video demo salah tangkap Pegi Setiawan di Kota Cirebon adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.threads.net/@infobandungkota/post/C7rF34qSR89

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *