Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Video Jokowi Joget Oke Gas, Terdapat Bendera China dan Pemilu 2024 Terdapat Intervensi China

Published

on

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ada bendera China dalam video tersebut, hanya terdapat bendera Vietnam dan Indonesia. Saat itu Presiden Jokowi sedang berkunjung ke Vietnam dan disambut dengan flashmob goyang gacor oleh Ratusan WNI dan Mitra Gojek di Vietnam saat tiba di Hotel Melia Hanoi pada 11 Januari 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/0Yhyq

= = =

Narasi:

“Wah Ada Bendera RRC bro…??? Berarti Pemilu 2024 ada Intervensi Tiongkok ya…!?!?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video beredar di Facebook yang menunjukkan Presiden Jokowi joget dengan iringan lagu Oke Gas, diketahui lagu tersebut adalah lagu kampanye Prabowo-Gibran. Disebutkan juga terdapat bendera China pada video tersebut dan pengunggah video beranggapan bahwa Pemilu 2024 ada intervensi China.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya pada video dari pengambilan gambar yang berbeda yang dipublikasi oleh YouTube Sekretariat Presiden, tidak ada lagu Oke Gas yang juga lagu kampanye Prabowo-Gibran saat Presiden Jokowi ikut berjoget ketika disambut di Hotel Melia Hanoi.

Seperti yang diberitakan oleh CNBC Indonesia pada 11 Januari 2024, saat itu Presiden Jokowi sedang berkunjung ke Vietnam dan disambut dengan flashmob goyang gacor oleh Ratusan WNI dan Mitra Gojek di Vietnam saat tiba di Hotel Melia Hanoi.

Dengan demikian, video Jokowi joget Oke Gas dan terdapat bendera China adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240111213844-37-504987/ratusan-wni-mitra-driver-gojek-sambut-jokowi-di-hanoi

= = =

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *