Connect with us

Internasional

WNI di Kota Pusat Penyebaran Virus Corona Terdata Sebanyak 93 Orang

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com- Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menyampaikan berdasarkan laporan yang diterima per 24 Januari, terdapat 93 warga negara Indonesia yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China yang menjadi kota pusat penyebaran virus corona.

“Jumlah WNI yang ada di Provinsi Hubei sebanyak 243 orang. Berdasarkan surat dari pengurus perhimpunan pelajar Indonesia Tiongkok cabang Wuhan, jumlah WNI yang ada di Kota Wuhan 93 orang,” kata Fadjroel dalam keterangan di Jakarta, Jumat (31/01/2020).

Sementara 150 WNI lain di Provinsi Hubei tersebar di kota-kota lain selain Wuhan. Pengurus perhimpunan pelajar Indonesia di Wuhan selalu bekerja sama dengan KBRI di Beijing di bawah direktorat perlindungan WNI.

Fadjroel menyampaikan tidak ada WNI di Wuhan yang terjangkit virus corona. Semua mahasiswa di Wuhan rata-rata tinggal di asrama dan selalu dipantau oleh pihak kampus.

Sebelumnya Presiden Jokowi tegas telah memerintahkan agar seluruh WNI di Provinsi Hubei segera dievakuasi.

Namun, kata Fadjroel, perlu ditekankan bahwa berdasarkan keterangan perhimpunan pelajar Indonesia di Tiongkok cabang Wuhan disebutkan bahwa akses transportasi dari dan menuju Wuhan ditutup sementara untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Setelah rapat terbatas terkait penanganan WNI di Provinsi Hubei, Kamis (30/01/2020), semua kementerian dan pihak terkait terus-menerus melakukan koordinasi berdasarkan instruksi Presiden, di bawah koordinasi dua Menkopolhukam dan Menko PMK.

Sedangkan pemerintah sejauh ini telah mengalokasikan dana sedikitnya Rp 133, 2 juta untuk keperluan logistik WNI yang berada di Hubei, terutama untuk dimanfaatkan membeli makanan dan kebutuhan sehari-hari selama dalam kondisi karantina.[sgh]

Source

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *