Connect with us

Internasional

104 Negara dan Organisasi Bantu Indonesia Atasi Covid-19 Senilai Rp1,2 Triliun

Avatar

Published

on

Kabarpolitik.com- Indonesia telah menerima bantuan internasional senial 84,8 juta dolar AS atau setara Rp1,2 triliun dari 104 negara dan organisasi internasional untuk menaggulangi Covid-19.

“Sampai 13 Mei tahun ini ada 104 bantun internasional yang diterima di Indonesia. Ini wujud nyata diplomasi kita untuk reaching out, negara-negara secara bilateral maupun organisasi internasional,” kata Direktur Sosial Budaya dan Organisasi Internasional Kementerial Luar Negeri Kamapradipta Isnomo dalam seminar virtual.

Menurut Dipta, bantuan yang diberikan tidak dalam bentuk uang melainkan dalam bentuk obat-obatan, alat pelindung diri, dan program mitigasi yang diberikan kepada seluruh rumah sakit di Indonesia.

Ada tiga pendonor utama dalam bantuan melawan Covid-19 ini yaitu Uni Eropa, Jepang dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Uni Eropa  memberikan bantun senilai 21,3 juta dolar AS, atau sekitar Rp317,4 miliar. “Bantuanya dalam bentuk obat-obatan dan alat pelindung diri,” ujar Kamapradipta.

Sedangkan Jepang memberikan bantuan senilai 10.5 juta dolar AS atau senilai Rp156,48 miliar, dan ADB menyalurkan bantuan senilai 4,5 juta dolar AS atau senilai Rp67,03 miliar.

Selain itu, Indonesia menurut Kamapradipta juga menerima bantuan berupa obat-obatan, alat perlengkapan medis dan alat pelindung diri dari sejumlah negara yaitu China, Amerika Serikat, Singapura, Vietnam, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, Uni Emirat Arab (UEA) dan Swiss. (rma)

Source

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *