Connect with us

Pemerintahan

Jadi Barometer Perkembangan Syariah Tanah Air, Wapres Minta BSI Konsisten Implementasikan Nilai-nilai Syariah

Published

on

Jakarta, Kabarpolitik.com – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin sore ini, Selasa (19/03/2024), menghadiri pemberian santunan kepada 3.333 anak yatim, di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC), Jalan Gatot Subroto, Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

Dalam gelaran PT Bank Syariah Indonesia, Tbk. atau yang dikenal dengan BSI tersebut, Wapres meminta bank ini terus istikamah mengimplementasikan nilai-nilai syariah.

“Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, BSI menjadi barometer perkembangan bank syariah nasional dan global,” ujarnya.

Lebih lanjut, Wapres berharap, penyelenggaraan santunan anak yatim ini dijadikan kesempatan untuk memperkenalkan bank syariah, bukan sekadar menumbuhkan kepedulian dan jiwa sosial.

“Terus dorong upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah kepada masyarakat, termasuk kepada anak-anak sejak usia dini, tidak terkecuali kepada anak-anak yatim Indonesia,” pintanya.

Terakhir, Wapres menekankan keberlanjutan kegiatan semacam ini sehingga mampu menjangkau lebih banyak lagi anak yatim penerima manfaat di seluruh pelosok tanah air.

“BSI selayaknya menjadi pintu yang membuka kesempatan bagi anak-anak Indonesia, termasuk anak yatim, untuk berprestasi dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki, hingga saatnya nanti mampu mengisi ruang-ruang pembangunan dan membawa negeri kepada kemajuan dan kesejahteraan,” ungkapnya.

Untuk itu, Wapres pun mengapresiasi BSI yang selama ini telah memberikan kontribusinya kepada negeri, baik secara ekonomi maupun sosial, salah satunya melalui pemberian santunan kepada anak yatim ini.

“Sekiranya kegiatan yang baik ini juga dapat direplikasi oleh berbagai elemen lainnya,” ucapnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BSI Hery Gunardi menyampaikan terima kasih atas dukungan Wapres dan para pemangku kepentingan hingga bank yang digawanginya berhasil menjadi bank nomor lima terbesar di Indonesia. Raihan impresif BSI ini antara lain ditunjukkan, hingga Desember 2023, penyaluran pembiayaan BSI di sektor halal value chain tercatat hampir 20 triliun rupiah, baik di subsektor makanan dan minuman halal, farmasi dan kosmetik halal, ataupun modest fashion.

Dalam periode yang sama, tambahnya, pertumbuhan aset BSI mencapai 15,67 persen secara tahunan dan menjadi pertumbuhan terbesar di industri perbankan nasional. Begitu pula dengan laba, pertumbuhannya sebesar 33,88 persen secara tahunan dan menjadi salah satu yang terbesar di industri.

“Kenaikan harga saham BSI juga menjadi yang tertinggi di antara bank-bank besar lainnya di tanah air. Pada posisi 13 Maret 2024 yang lalu, kenaikannya mencapai sekitar 63,79% secara year-to-date dengan nilai market cap sebesar hampir Rp132 triliun. Kenaikan ini berhasil membawa BSI masuk dalam jajaran Top 10 Global Islamic Bank,” sebut Hery.

Hadir dalam acara ini, jajaran komisaris, direksi, dan Dewan Pengawas Syariah BSI beserta sebanyak 3.333 anak yatim piatu penerima manfaat santunan.

Sementara, Wapres didampingi oleh Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Suprayoga Hadi, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, dan Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi. (RR/RJP, rls)

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *