Connect with us

Politik

Kalla Terima Kunjungan Bersejarah Deputi PM Kongo

Published

on


Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Deputi PM Kongo Leonard She Okitundu Lundula. Medcom.id/Dheri Agriesta


Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Deputi Perdana Menteri Republik Demokratik Kongo Leonard She Okitundu Lundula. Kalla menyebut kunjungan ini sangat bersejarah.

“Karena ini kunjungan pertama pejabat tinggi dari Kongo ke Indonesia,” kata Kalla usai pertemuan di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis, 6 September 2018.



Indonesia dan Kongo sejatinya telah menjalin hubungan diplomatik selama 56 tahun. Ia menilai pertemuan ini sangat penting dilakukan.

“Sangat penting kita mengadakan pembicaraan peningkatan hubungan ekonomi dengan Kongo,” kata Kalla.

Deputi PM RD Kongo Leonard mengaku diundang Menteri Luar Negeri Indonesia Retno LP Marsudi untuk mendalami hubungan diplomatik kedua negara. Apalagi, Indonesia dan Kongo merupakan dua negara yang menginisiasi Konferensi Asia Afrika.

Leonard sadar kerja sama kedua negara agak telat untuk diimplementasikan. Namun, Kongo bersemangat mengejar ketertinggalan kerja sama di segala bidang.

“Sebagai salah satu bukti hari ini kami telah menandatangani perjanjian komisi bersama antar kedua negara, dengan harapan dapat saling menguatkan kerja sama juga menjajaki peluang kerja sama lainnya,” kata Leonard.

Leonard menyebut Indonesia dan Kongo telah membahas beberapa kerja sama di bidang ekonomi. Ia mencontohkan beberapa kerja sama bidang tersebut di antaranya infrastruktur dan industri tekstil. 

“Saya lupa belum menyebutkan satu lagi mengenai kerja sama penerbangan,” pungkas Leonard.

(AGA)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *