Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Aksi Tolak Pemilu Curang Habib Rizieq Buat Istana Panik

Published

on

Hasil periksa fakta Agnes A

Tidak ada penjelasan mengenai kepanikan istana atas aksi tolak pemilu curang yang dilakukan oleh Habib Rizieq. Narasi dalam video juga tidak memiliki kaitan dengan klaim tersebut.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/ML9A-XC4U (Youtube)

=====

[NARASI]: “:red_circle: NEWS ~ AKSI TOLAK PEMILU CURANG, ISTANA PANIK TOTAL GILIRAN HRS LAKUKAN GERAKAN PERLAWANAN”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube SERAMBI POLITIK mengunggah video dengan klaim Habib Rizieq Shihab (HRS) serukan aksi tolak pemilu curang yang membuat istana panik total.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menjelaskan mengenai kepanikan pihak istana atas aksi yang diserukan mantan pemimpin ormas FPI tersebut.

Video tersebut memang berisi seruan penolakan kecurangan Pemilu yang diberikan oleh HRS. Ia menyerukan dalam acara Safari Jum’at di Masjid Jami An-Nur Petojo, Jakarta Pusat pada 23 Februari 2024 lalu.

Namun narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim tersebut. Narasi yang dibaca identik dengan artikel yang diunggah TribunnewsMaker dengan judul “Mengenal Hak Angket DPR, Benarkah Bisa Menggagalkan Kemenangan Capres-cawapres Pilpres 2024?”

Artikel yang diunggah pada 26 Februari 2024 ini membahas tentang pengertian hak angket, yang belakangan isunya ramai dibicarakan. Sebelumnya muncul wacana untuk menggulirkan hak angket guna mengusut dugaan kecurangan pemilu. Hal ini pertama kali diangkat oleh kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=WwOzOw28c54
– https://newsmaker.tribunnews.com/2024/02/26/mengenal-hak-angket-dpr-benarkah-bisa-menggagalkan-kemenangan-capres-cawapres-pilpres-2024

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *