Connect with us

Cek Fakta

Turn Back Hoax: [SALAH] Anies Baswedan Resmi Dinyatakan sebagai Cagub DKI

Hasil periksa fakta Agnes A

Video berisi cuplikan yang tidak saling berkaitan. Narasi yang dibacakan hanya pendapat dari Muhaimin Iskandar, apabila Anies Baswedan hendak maju ke Pilgub DKI 2024.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://bit.ly/3wUC4HO (Youtube)

=====

[NARASI]: “BERITA TERBARU~ANIES RESMI DI NYATAKAN CAGUB JAKARTA”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim bahwa Anies Baswedan resmi dinyatakan sebagai calon gubernur DKI Jakarta. Dalam gambar pratinjau video tersebut juga disebutkan bahwa mantan pasangan Anies pada Pilpres Februari lalu, Muhaimin Iskandar akan setia menemani bersama partainya, PKB.

Namun setelah menonton keseluruhan video, cuplikan dalam video tersebut merupakan gabungan dari cuplikan video yang tidak saling berkaitan. Sedangkan narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah Tempo dengan judul “Muhaimin Iskandar Senang Anies Baswedan Maju di Pilgub Jakarta.”

Artikel yang diunggah pada 28 Mei 2024 ini menjelaskan bahwa Cak Imin merasa senang jika Anies Baswedan akan maju dalam kontestasi pemilihan gubernur DKI Jakarta mendatang.

Cak Imin menambahkan bahwa keputusan PKB untuk mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta masih menunggu keputusan bersama Dewan Pimpinan Wilayah dan Dewan Pimpinan Cabang PKB.

Sebelumnya Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera DKI Jakarta sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Namun Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS berbeda sikap terkait pencalonan Anies Baswedan di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta. DPP PKS menyatakan bakal memberikan tiket prioritas bagi kader internal untuk maju di palagan Pilkada Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Cak Imin mengungkapkan Anies Baswedan belum menyampaikan keinginannya untuk maju di Pilgub Jakarta 2024.

=====

[REFERENSI]:

– https://nasional.tempo.co/read/1873168/muhaimin-iskandar-senang-anies-baswedan-maju-di-pilgub-jakarta
– https://www.metrotvnews.com/read/N4ECJEYX-cak-imin-anies-belum-menyampaikan-keinginannya-maju-pilgub-jakarta

Sumber: turnbackhoax.id

Advertisement

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *